Agar Tak Tertular, Ini Cara Mencegah Virus Corona Versi Who

Penyakit dapat dengan mudah menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk. Kemunculan pandemi virus corona tentu membuat banyak orang menjadi resah. Pasalnya, tidak hanya kemunculannya yang tergolong cepat dan tiba-tiba, penyakit ini belum diketahui obat dan vaksinnya. Infeksi virus corona sangat mungkin tidak memunculkan gejala sama sekali. Maka, terapkan etika batuk dan bersin yang baik dengan menutup hidung dan mulut pakai tisu atau lengan baju bagian dalam sehingga droplet tidak menyebar dan berpindah ke orang lain. Cara penularan utama penyakit ini adalah melalui tetesan kecil yang dikeluarkan pada saat seseorang batuk atau bersin.

Sudah 1 hingga 2 minggu tidak sakit sejak merasakan gejala pertama kali. Segera cari perawatan medis jika penyakit Anda memburuk, misalkan jika Anda kesulitan bernapas. Hubungi dulu dokter yang bersangkutan dan beri tahu mereka gejala Anda. Kemudian buang tisu bekas bersin tadi dalam tempat sampah, dan cuci bersih tangan menggunakan sabun dan air. Jika tidak ada, gunakan cairan berbasis alkohol minimal 70 persen atau hand sanitizer.

Pendekatan ini mempertimbangkan tujuan penggunaan masker, risiko pajanan dan kerentanan pemakainya, tempat, seberapa mungkin masker digunakan, dan jenis masker yang harus dipertimbangkan. Masker medis direkomendasikan terutama dalam perawatan kesehatan, tetapi dapat dipertimbangkan dalam keadaan lain . Masker medis harus dikombinasikan dengan tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi utama lain seperti kebersihan tangan dan menjaga jarak fisik. Ketika orang-orang berkumpul bersama dalam kerumunan, Anda memiliki kemungkinan untuk melakukan kontak erat dengan orang yang terinfeksi COVID-19 dan lebih sulit untuk menjaga jarak fisik minimal 1 meter. Isolasi berarti memisahkan orang yang sakit dengan gejala COVID-19 dan mungkin menular guna mencegah penularan. • Jika Anda sakit, meskipun gejalanya sangat ringan, Anda harus melakukan isolasi mandiri.

Karena pengujian sulit diperoleh, kamu dapat menghentikan langkah-langkah ini seventy two jam setelah gejalanya hilang dan setidaknya tujuh hari berlalu sejak gejalanya pertama kali muncul. • Orang yang sakit harus menutup mulut dan hidung mereka dengan tisu ketika batuk atau bersin, kemudian membuangnya. Harus membatasi kontak langsung dengan orang yang dikompromikan sebanyak mungkin dan mencuci tangan sebelum kontak, layaknya tenaga medis.

Langkah tepat jika terkena Covid

Fakta ini diketahui berdasarkan hasil studi dari Universitas Oberta de Catalunya pada awal November 2020. Solopos.com, SOLO –Liburan tidak melulu harus diisi dengan bepergian ke tempat wisata, apalagi di tengahn pandemi yang justru meningkatkan risiko penularan Covid-19. Liburan bisa dilakukan dengan melakukan aneka kegiatan seru di rumah.

Hindari menyentuh bagian wajah, terutama mata, hidung, dan mulut. Tangan menyentuh banyak permukaan yang mungkin terkontaminasi virus. Akibatnya, virus dapat berpindah ke tangan dan masuk ke selaput lendir mata, hidung, atau mulut. Selalucuci tangandengan bersih menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 detik lalu bilas. Jika tidak ada akses air bersih, hand sanitizer atau tisu basah beralkohol bisa jadi alternatif darurat. Angka kejadian infeksi virus Corona di berbagai belahan dunia pun masih tampak tinggi.