Menu Close

Anies Perintahkan Lurah Terapkan Micro Lockdown Di Rt Zona Merah

Namun, sebelum ada keputusan mengenai lockdown ini, ia juga berharap agar pelaku usaha dan masyarakat mematuhi kebijakan pengetatan terbaru yang diterapkan pemerintah yakni kerja dari rumah (work from home/WFH) 75%. Apabila lockdown atau PSBB ketat diberlakukan, menurutnya Pemprov DKI harus menutup semua sektor non-esensial, batasi jam operasional transportasi umum, terapkan do enterprise from home massal, dan sebagainya. Jika Jakarta nantinya diterapkan kebijakan karantina wilayah polisi pun telah siap melakukan pengamanan. Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan ada sejumlah unsur yang dikecualikan di masa pembatasan mobilitas di 10 titik jalan Jakarta ini. Pemprov DKI Jakarta mengaku sedang mengkaji berbagai kemungkinan, termasuk menerapkan lockdown di Ibu Kota, usai melonjaknya kasus COVID-19.

Semakin kencang wacana lockdown Jakarta guna menangkal persebaran virus corona COVID-19, begini tanggapan Mendagri Tito Karnavian. Ketua Program Studi S1 Fakultas Hukum, Universitas Tarumanagara, Dr Ahmad Redi, SH, MH menuliskan bahwa lockdown dapat merujuk pada karakteristik tindakan karantina wilayah yang merupakan bagian dari respons KKM. Epidemiolog dari Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono mengeluarkan opsi lockdown Ibu Kota. Dia menilai, tidak ada solusi lain kecuali lockdown untuk menghentikan lonjakan penyebaran Covid-19 di Ibu Kota. Banyak pasien yang harus antre untuk mendapatkan tempat tidur isolasi maupun ICU. Jokowi meminta Anies meningkatkan kapasitas vaksinasi di Jakarta hingga one hundred ribu orang per hari.

Ariza mengatakan opsi kedua ini juga mempunyai peluang untuk diberlakukan lagi. Jika opsi ini dipilih, maka semua aktivitas masyarakat baik ekonomi, sosial, pendidikan dan agama dilakukan dari rumah kecuali kegiatan-kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan dasar. “Kita pertimbangkan juga, apakah dimungkinkan PSBB diperketat atau tidak,” ungkap dia.

Kasus COVID-19 makin melejit, opsi DKI Jakarta lockdown atau karantina wilayah mulai diusulkan untuk menyetop tambahan zona merah Corona di Ibu Kota. Terkait dengan hal tersebut, pasal 6 menyebutkan bahwa pemerintah memiliki tanggung jawab terhadap ketersediaan sumber daya yang diperlukan dalam penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan, baik karantina di pintu masuk maupun wilayah. Artinya, kebutuhan dasar warga harus ditanggung pemerintah selama lockdown atau karantina wilayah. Apabila tidak segera lockdown Ibu Kota, lanjut Tri, dikhawatirkan varian baru virus corona akan semakin menyebar. Meski begitu, Tri mengaku pesimistis pemerintah pusat maupun Pemprov DKI mau memberlakukan lockdown.

Dalam setiap penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan, setiap Orang mempunyai hak mendapatkan pelayanan kesehatan dasar sesuai kebutuhan medis, kebutuhan pangan, dan kebutuhan kehidupan sehari-hari lainnya selama Karantina. Kebijakan yang diambil Pemprov DKI Jakarta bertolak belakang dengan kebijakan Pemprov Jawa Barat. Anies juga memperingatkan warga Jakarta untuk menghabiskan waktu luang saat akhir pekan di rumah saja. Aturan serupa juga berlaku untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun perguruan tinggi. Untuk kegiatan belajar di zona kuning dan oranye diizinkan untuk belajar tatap muka sesuai dari aturan teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jokowi mengatakan peningkatan kapasitas vaksinasi tidak hanya bertujuan mengejar herd immunity di Jakarta, vaksinasi juga diharapkan dapat mengerem laju penularan Covid-19 di Ibu Kota.

Dibandingkan menambahkan berbagai pembatasan, Alphonzus menilai bahwa penerapan Pembatasan sosial berskala Besar sudah tepat. akan tetapi, dia juga mengatakan, dibutuhkan penegakan penerapan protokol kesehatan yang kuat dalam pelaksanaan PSBB tersebut. Karenanya, dia meminta agar pemerintah memastikan penerapan protokol kesehatan tersebut dilakukan secara disiplin dan konsisten. Anies meminta para lurah melakukan pengawasan bersama dengan Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat RT dan RW bagi masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri atau tengah menanti hasil tes swab setiap pukul 08.00 dan 19.00 WIB. Anies meminta para lurah melakukan pengawasan bersama dengan Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat RT dan RW bagi masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri.

Kekarantinaan Kesehatan di wilayah diselenggarakan di tempat atau lokasi yang diduga terjangkit penyakit menular dan/atau Terpapar Faktor Risiko Kesehatan Masyarakat yang dapat menimbulkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat . Dalam pelaksanaannya, wilayah yang dikarantina diberi garis karantina dan dijaga terus menerus oleh pejabat Karantina Kesehatan dan Kepolisian yang berada di luar wilayah karantina . Ketua BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia , Sutrisno Iwantono, khawatir jika rencana lockdown Jakarta di akhir pekan diterapkan. Pimpinan dewan sudah meminta semua orang yang kontak langsung dengan Hadameon untuk segera swab check untuk memastikan kondisi kesehatan mereka.

Angka penyebaran virus corona di Jakarta sendiri diketahui sedang melonjak tinggi. Seperti diketahui, Polda Metro Jaya mulai malam ini akan melakukan pembatasan mobilitas masyarakat di 10 ruas jalan di Jakarta. Pembatasan atau penyekatan akan dilakukan mulai pukul 21.00 WIB hingga 04.00 WIB. “Kepada masyarakat kami imbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Tidak ke luar rumah apabila tidak perlu dan ada aturannya, di DKI Jakarta misalnya, yang work from home hanya seventy five persen,” ujar Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu. Pengajar Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Mouhamad Bigwanto menyarankan agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberlakukan kebijakan Jakarta lockdown atau karantina wilayah.

Lockdown Jakarta

“Untuk itu Pemprov DKI Jakarta harus juga meningkatkan anggaran Puskesmas dan RSUD, menambahkan jumlah lokasi isolasi, penambahan tenaga tracer yang kompeten, serta tes swab antigen massal gratis di zona merah Jakarta,” jelas dia. Sekretaris Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anthony Winza juga menyarankan kepada Anies agar menarik rem darurat untuk mengantisipasi laju infeksi COVID-19 yang semakin tidak terkendali di Ibu Kota. Dalam hal ini, pemerintah juga dapat berkoordinasi dan berkolaborasi dengan dunia internasional. Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR Bambang Purwanto menilai kebijakan Daftar Togel Online harus diputuskan pemerintah. Viral klaim DKI Jakarta mulai besok menerapkan karantina aktivitas publik dan warga luar dilarang masuk.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan pihaknya menunggu putusan pemerintah pusat. Jakarta- Politisi Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan apabila masyarakat Jakarta disiplin, dan aparat bersungguh-sungguh menegakkan protokol kesehatan, tidak perlu Jakarta lockdown. Dua kalimat bahwa ” Jakarta mulai besok akan Lockdown” dan “Warga di luar Jakarta tidak dibolehkan masuk kecuali ada izin polisi” BUKAN berasal dari berita Koran Tempo. Selain itu, Jasa Marga hingga kepolisian memastikan informasi tersebut hoaks.