Menu Close

Bali Kembali Sepi

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Maulana Yusran mengatakan bahwa saat ini pelaku di industrinya sudah mati-matian dengan prediksi sektor pariwisata anjlok selama lima bulan. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto menjelaskan, TPK lodge klasifikasi bintang masih tertolong oleh para wisatawan domestik. Tak hanya masjid, sertifikat vaksin Covid-19 itu juga menjadi syarat buat warga untuk masuk ke toko retail, acara olahraga, hingga fasilitas hiburan. Infeksi jamur hitam sangat rentan menyerang pasien virus corona Covid-19, sehingga perlu diwaspadai gejalanya. Pariwisata yang menjadi nyawa Bali, merana karena pandemi Covid-19. Bali pun telah membuka kembali pariwisatanya untuk wisatawan lokal dan wisatawan nusantara sejak 31 Juli 2020.

Di Pantai Jimbaran, misalnya, pecalang berkeliling untuk memastikan penerapan protokol Kesehatan. Harapannya Pemerintah secepatnya bisa menurunkan kembali harga telur. Tahun lalu, setiap akhir pekan pasti ramai pengunjung dari berbagai tempat bahkan sampai ada hiburan orgen tunggal di lokasi Curug Parigi ini,” jelas warga bernama Nugroho. “Hasil rapat tersebut, pemerintah mengupayakan harga jual ayam di peternak dipaksakan naik, sehingga imbasnya juga dirasakan di Bali saat ini.

Sementara bertani rumput laut lebih bisa terjangkau untuk banyak orang karena lahannya di pesisir. Warga kembali bertani rumput laut sehingga pesisir ramai aktivitas berladang di laut. Melansir DailyMail, popularitas Bali tidak bisa lepas dari iklan-iklan website dan brosur wisata.

Walau pernah diguncang terorisme, Bali tak pernah tidur lama seperti ini. Para wisatawan asing yang terpaksa tetap tinggal di Bali pun merasakan kesulitan keuangan. “Yang sekarang mulai banyak itu ‘bule’ makan di warung-warung, tidak di tempat mahal-mahal lagi,” ujar Kadek , sopir transportasi daring yang biasa mengantar turis asing. Selian membidik pasar mancanegara, Ricky Putra juga mengaku tengah membidik wisatawan domestik yang selama ini berkunjung ke Tiongkok. Karena musibah ini tentu saja mereka mengalihkan perjalanan mereka, untuk itu kita gaet mereka courting ke Bali juga,” tandasnya.

Warga yang isolasi mandiri sebanyak 1.593 orang dan yang dirawat mencapai 442 orang. Jumlah PMI yang sudah pulang dari jalur domestik selama bulan Juli ini tercatat 10 orang. Dari pengamatan balipuspanews.com, beberapa Wisdom terlihat mengunjungi tempat perbelanjaan trendy dan Beach Walk yang sudah dibuka kembali. Semenjak Corona, beberapa restoran dan club sampai penginapan memilih meliburkan diri. Menutup usaha sementara, memulangkan karyawan hingga waktu yang belum ditentukan. Mau tak mau, para pedagang terpaksa menelan pil pahit menerima keadaan kiosnya saat ini.

Destinasi wisata Raja Ampat dibuka lagi setelah sempat ditutup akibat pandemi COVID-19. Untuk sementara, baru wisatawan domestik yang bisa plesir ke Raja Ampat. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa menyebutkan, hingga saat ini sudah ada 850 hotel dan tempat wisata yang mendapatkan sertifikat bisa menerima wisatawan di tengah pandemi. Tapi, karena situasi virus Covid-19 di luar negeri masih tinggi dan penerbangan internasional belum dibuka, memang pariwisata Bali masih tampak lesu.

Harapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk kembali membangkitkan sektor pariwisata Bali tengah digenjot Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Pada tahun 2020, industri Bali sangat bergantung terhadap kedatangan wisatawan domestik. Mereka yang datang kebanyakan karena tertarik dengan promosi yang ditawarkan hotel-hotel,” ucapnya lagi. Lalu sertifikasi dan verifikasi Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability terhadap resort Kong Slot, restoran, tempat wisata dan lainnya sudah dilakukan tahun lalu dan dilanjutkan tahun ini. Tidak hanya itu, Koster juga menambah bantuan Rp 50 juta ke desa adat di Bali di tengah masa pandemi. Bagi warga yang memiliki jukung atau perahu tradisional Bali, Wasista menyebutkan masih bisa melaut untuk mencari lauk.

Bali kembali sepi

“Paling untuk membersihkan kolam atau menjaga kebersihan di dalam hotel,” ujarnya. “Kami berharap, Juli ini jadi dibuka penerbangan internasional,” kata Manajer Warung Made Seminyak, Ngurah Gede Indra Kurniawan. Bahkan, dia sampai harus menjalani perawatan di ICU dan memakai ventilator. Diky sempat dalam kondisi kritis dan mengalami koma selama tiga hari.

Di mana terumbu karang yang sempat rusak, tampak pulih kembali,” ungkapnya. Agenda work from Bali yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diharapkan bisa meningkatkan hunian lodge menjadi sekitar 20 persen. “Kalau untuk segera mengembalikan kondisi ekonomi Bali, belumlah,” kata Putu Astawa. Menurut Putu Astawa, hanya sekitar 20 persen karyawan lodge yang bisa dipertahankan.

“Berbagai langkah preventif telah dilakukan oleh pemerintah, seperti penutupan penerbangan langsung dari dank ke Tiongkok serta pemasangan alat thermal scanner di Bandara. Liputan6.com, Jakarta Meluasnya wabah Covid-19 membuat sektor pariwisata limbung termasuk Bali. Ini diungkap Ayu Laksmi dalam sesi wawancara dengan Showbiz Liputan6.com by way of telepon baru-baru ini. Manajer operasional objek wisata Sangeh, Made Mohon mengatakan di lokasi wisata ada sekitar 600 ekor.