Cegah Infeksi Covid

Menurut laman situs WHO, penyebaran virus corona yang utama adalah melalui droplet atau percikan air ludah dari penderita Covid-19. Jika seseorang berada dalam jarak dekat saat penderita bersin, batuk atau berbicara, maka virus berpotensi menular ke orang di sekelilingnya. Baru muncul sejak Desember 2019, wajah dunia berubah secara drastis sejak hadirnya virus corona yang sangat meresahkan. Wabah virus corona atau Sars-Cov-2 terus menyerang secara international dengan gejala umum seperti sakit tenggorokan, batuk kering, demam hingga infeksi paru-paru akut yang bisa mengancam nyawa. Dalam rangka “memberikan kontribusi” selama krisis virus corona, menurut Schiffer, tim Forever Healthy berangkat mencari tanaman obat yang keefektifannya telah dikonfirmasi dalam studi klinis. Proses-proses ini dapat berfungsi dengan baik hanya jika tubuh dilengkapi dengan baik juga, seperti misalnya dengan vitamin C.

Sayuran jenis Ini dapat digunakan untuk membuat banyak hidangan sehat dan juga sangat enak. Wortel sangat renyah dan sarat dengan nutrisi seperti serat dan vitamin K. Brokoli adalah sayuran yang enak disantap saat mentah ataupun telah dimasak.

Makanan untuk melawan Covid

Bagi yang tidak terbiasa minum jamu, maka mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung natural dan rempah dapat berkontribusi terhadap daya tahan tubuh juga. Riset Kesehatan Dasar yang dilakukan Kementerian Kesehatan Tahun 2018 menunjukkan bahwa tidak sedikit warga negara Indonesia yang kekurangan gizi atau malah menderita diabetes. Kelompok ini yang beresiko mengalami gangguan kesehatan yang deadly ketika terserang virus corona. Lebih baik, mulai dari sekarang biasakan diri untuk mengganti camilan atau jajanan dengan buah-buahan atau menu makanan ringan yang dioleh sendiri di rumah.

Hasil penelitian juga menyatakan, minyak esensial dari cengkeh efektif membunuh bakteri e.coli yang dapat menyebabkan diare. Namun, konsumsi bunga cengkeh harus hati-hati karena memiliki efek samping antara lain reaksi alergi, iritasi pada kulit dan gusi, gangguan hati, dan penghambatan terhadap obat pengencer darah. Kayu manis ataucinnamomum verumbiasanya digunakan untuk memberi aroma dan perasa saat membuat kue atau minuman. Ternyata, kayu manis juga mengandung antioksidan polifenol yang tinggi, sehingga ampuh melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Dalam pelaksanaan penyaluran paket makanan ini, Kemhan melibatkan dan didukung Menwa Mahajaya dan Komunitas kader Bela Negara Kemhan RI sebagai Tim Relawan yang mendistribusikan paket makanan tesebut.

Bagi kamuyang melakukan food plan bebas susu masih dapat mengambil manfaat dari pilihan yogurt susu almond dan santan. Dalam studi Advances in Therapy tahun 2001 menunjukkan bahwa, mengkonsumsi bawang putih dua hingga tiga siung per hari dapat membantu menangkal dan memulihkan pilek. Jangan lupa bahwa jus seperti jus delima dan jus sayuran juga dapat membantu. Minumlah minimal dua cangkir jus buah dan dua setengah cangkir sayuran setiap hari. Paprika merah punya kandungan vitamin C lebih banyak hingga three kali dari jeruk florida. Selain itu, terkandung juga beta karoten yang bisa diolah tubuh menjadi vitamin A.

Lalu jahe atau disebut jahe emprit karena berukuran kecil dan paling banyak dikonsumsi di Indonesia antara lain untuk bumbu masakan. Kemudian jahe merah, berukuran lebih kecil dan berwarna merah, tapi berasa paling pedas sehingga sering digunakan sebagai bahan obat. “Ini adalah bentuk nyata aksi Bela Negara dan kepedulian dari masyarakat di tengah perjuangan melawan pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga merupakan sarana untuk memberdayakan para Kader Bela Negara dalam melaksanakan aksi bela negara di tengah pandemi Covid-19 ini,”katanya.

Untuk itu, ia menekankan agar masyarakat tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Segera periksa ke fasilitas kesehatan terdekat dan beritahukan kepada petugas kesehatan tentang riwayat perjalanan Anda. Minuman dengan jahe segar, seperti menambahkan parutan jahe ke smoothie sayur atau buah, dapat menjadi pilihan terbaik untuk melawan virus di dalam tubuh. Dalam sebuah studi laboratorium yang diterbitkan di dalam Journal of Ethnopharmacology menyebutkan bahwa jahe segar efektif melawan virus pernapasan manusia syncytial , yakni penyebab utama dari infeksi pernapasan. Masyarakat diajak kembali hidup sehat untuk kuat berhadapan dengan beragam virus dan penyakit.