Idi Sebut Vaksinasi Covid

Bila lansia calon penerima vaksin tidak memiliki telepon genggam, knowledge dirinya akan dikumpulkan oleh petugas setempat. Vaksinasi COVID-19 sangat penting bagi lansia karena kelompok usia lanjut lebih rentan terhadap infeksi virus Corona. Adanya penyakit penyerta dan kondisi fisik yang mulai melemah membuat lansia lebih sulit untuk melawan infeksi, termasuk COVID-19. Untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi di setiap tempat pelaksanaan vaksinasi harus menyediakan contact person perwakilan dari vocal Point yang berasal dari kabupaten/kota atau provinsi tersebut.

Selama menjalani proses skrining, lansia wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dengan menerapkan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilisasi maupun interaksi. Pastikan juga lansia telah melakukan pendaftaran dengan dua pilihan prosedur yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mendapatkan vaksinasi. Bagi lansia yang sudah menerima vaksin harus kembali ke RSUD Kembangan 18 hari setelahnya untuk mendapatkan vaksinasi yang kedua. Dalam proses menerima suntikan yang kedua ini, penerima vaksin cukup membawa surat keterangan berisikan tanda sudah menerima vaksin dan jadwal kedatangan mereka yang kedua. Menurut Avy, antrean disebabkan karena masyarakat lanjut usia tersebut belum paham cara mendaftar vaksinasi secara online sehingga terjadi antrean yang mengular. Penduduk lanjut usia itu langsung mendatangi RSUD Kembangan dengan membawa KTP untuk mendaftar program vaksinasi Covid-19.

“Perlu diingat, kerja sama yang dijalin dengan Halodoc dan Gojek, bukan merupakan bentuk komersialisasi vaksin COVID-19. Kerja sama ini merupakan upaya meningkatkan cakupan vaksinasi di Provinsi DKI Jakarta. Selain itu program vaksinasi drive thru ini free of charge dan tidak dipungut biaya,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

Dari eleven.7 juta dosis vaksin Astrazeneca yang dijanjikan GAVI, Indonesia mungkin hanya akan mendapatkan 1.3 – 1.four juta dosis vaksin free of charge, dampak dari embargo. Indonesia setidaknya kehilangan 10 juta dosis vaksin gratis dari kerja sama multilateral Aliansi Global untuk vaksin dan Imunisasi . Nadia pun menjelaskan, stok vaksin di bulan April ini terbatas dan hanya mengandalkan vaksin Sinovac bulk yang telah diolah oleh PT Bio Farma di Bandung. Di bulan April ini, Bio farma ditargetkan mampu menghasilkan 7-11 juta dosis vaksin. Mari kita daftarkan Keluarga yang berusia 60 tahun ke atas untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Artinya apabila tubuh lansia terpapar virus, respon tubuh dalam membentuk antibodi terjadi lebih lama daripada usia produktif. Melalui riset yang telah dilakukan, maka Kemenkes menerbitkan peraturan khusus bagi lansia, yakni suntikan booster dilakukan setelah 28 hari suntikan pertama,” ujarnya. Makky mengataka, NU sudah siap membantu sosialisasi vaksin, termasuk mendampingi dengan usulan at some point care providers.

Vaksin bagi lansia

“Untuk imunisasi pada lansia, jadwalnya adalah 2 dosis dengan interval 4 minggu (0 dan 28 hari, masing-masing dosis zero,5 ml),” sambungnya. “Risiko gangguan kesehatan akibat COVID-19 pada orang berusia di atas 60 tahun berkali-kali lebih besar ketimbang risiko efek samping trombosis parah yang dilaporkan sangat jarang dengan jumlah kadar trombosit yang rendah,” katanya. Biasanya, reaksi akan terjadi karena penerima vaksin tidak mengetahui bahwa sistem kekebalan tubuhnya rentan terhadap komponen vaksin. Sebelum lansia menjalani vaksin, mereka wajib melakukan konsultasi pada dokter lebih dahulu. Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia, Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD, K-Ger, menyatakan bahwa status gizi lansia terbukti memegang peran penting dalam menunjang efektivitas vaksin influenza. Pada dasarnya, tidak ada syarat spesifik bagi lansia untuk memperoleh vaksin influenza.