Menu Close

Ini Daftar Negara Yang Bisa Dikunjungi Saat Pandemi

Hal ini berlaku bagi pendatang dari negara mana pun yang tiba di Inggris. Paspor atau kartu identitas, termasuk visa juga akan diperiksa ketika tiba di pelabuhan atau bandara Inggris. Saat tiba di Kamboja, otoritas kesehatan meminta seluruh wisatawan untuk menjalani tes COVID-19 dan menunggu hasilnya.

Turki sudah membuka untuk turis

Untuk menyatukan kembali keluarga dan mendukung bisnis yang bergantung pada pariwisata, Selandia Baru telah membentuk travel bubble dengan Australia. Siapa pun yang telah berada di Australia atau Selandia Baru setidaknya selama 14 hari dapat melakukan perjalanan antara kedua negara ini tanpa karantina, dan tanpa perlu mengajukan permohonan pengecualian perjalanan. Semua penumpang yang tiba harus mematuhi persyaratan karantina COVID-19 Myanmar. Ada 7 hari karantina wajib di fasilitas pemerintah diikuti dengan 7 hari isolasi mandiri di rumah.

Menurut Iqbal, saat ini semua penumpang bus WNI telah ditangani dengan baik oleh otoritas setempat. Keputusan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk merevitalisasi pariwisata di negara tersebut yang merupakan sektor penting dalam ekonomi mereka. Ersoy menjelaskan bahwa jumlah pendaftar Sertifikasi Pariwisata Aman membludak dengan cepat. Hal itu, tambah Ersoy, menunjukkan bahwa jumlah kasus Covid-19 di kota wisata seperti Aydın, Antalya dan Muğla cukup rendah. Mereka mengamati semua rincian wisata dan protokol keselamatan, di bawah “Program Sertifikasi Pariwisata Aman”, mulai dari transportasi hingga akomodasi. Hal ini bisa menjadi kesempatan untuk para wisatawan yang sudah kangen jalan-jalan internasional untuk menikmati dan mengabadikan indahnya Cappadocia dan megahnya Hagia Sophia.

Beberapa kota di Uni Emirat Arab kembali membuka perbatasannya untuk pariwisata internasional. Meskipun turis dari seluruh negara sudah diizinkan untuk berkunjung, namun mereka tetap harus memenuhi beberapa persyaratan. Selama turis tidak menunjukkan adanya gejala dan mengikuti seluruh persyaratan masuk, mereka tidak diwajibkan untuk melakukan Rapid Test pada saat kedatangan dan tidak wajib karantina. Turki telah dibuka kembali bagi turis dari semua negara dengan beberapa kebijakan yang tidak terlalu memberatkan.

Jadi opsi liburan ke Thailand hanya bisa diwujudkan jika kamu memiliki jangka waktu liburan setidaknya sebulan penuh. Sandy menjelaskan sehingga sejalan dengan meningkatkan minat perjalanan wisatawan dalam negeri juga luar negeri, industri pariwisata bisa bangkit dalam kurun waktu semester kedua. Langkah antisipasi yang bisa dilakukan adalah membeli asuransi traveling yang meng-cover penanganan Covid-19 jika terpapar dan harus isolasi di negara bersangkutan. Asuransi ini sistemnya reimburse, dan sudah termasuk biaya reschedule penerbangan untuk kembali ke tanah air.

Koordinator bidang Protokol, Konsuler, dan Perlindungan WNI KBRI Ankara, Harlianto, mengungkapkan bahwa pihak yang membawa masuk ART ke Turki kerap memanfaatkan visa elektronik turis yang terbilang mudah didapatkan. Dari sisi pendapatan, Iqbal memprediksi sektor pariwisata bisa menjadi sumber devisa negara Turki tahun ini yang cukup signifikan, bahkan lebih besar dari pendapatan tahun lalu. Rusia juga bisa menambahkan Inggris, AS, dan Kanada ke dalam daftar negara-negara yang warganya memenuhi syarat untuk visa-e “jika dialog visa dengan negara-negara ini normal,” kata Ivanov. “Kami memutuskan untuk lebih meningkatkan Program Sertifikasi Pariwisata Aman dengan tujuan mengatasi masalah kesehatan. Kami ingin program ini menjadi permanen bahkan dalam periode pascapandemi sambil meningkatkan kriterianya,” ujar Mehmet Nuri Ersoy, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki.

“Saat ini sudah 30 juta orang divaksin di Turki dari 80 juta penduduk. Ditargetkan bulan Juni ada 30 juta lagi yang disuntik sehingga nanti bulan Juni sudah 60 juta penduduk menerima vaksin. Artinya tinggal 20 juta lagi yang diharapkan selesai akhir tahun,” kata Imam. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki, Mehmet Nuri Ersoy mengatakan jika tidak ada kemunduran Agen PAY4D Terpercaya lalu lintas udara, pihaknya memperkirakan akhir tahun mencapai 15 juta turis. Walau sempat memperpanjang pelarangan semua jalur penerbangan sampai bulan Mei kemarin, Republik Siprus sudah berencana untuk membuka kembali kegiatan aviasi pada bulan Juni ini. Namun, hal tersebut masih dalam perencanaan karena bergantung pada perkembangan situasi yang ada.

Penerbitan visa dikenakan biaya 2.000 THB (~66 USD / ~83 AUD), dan biaya yang sama berlaku untuk setiap perpanjangan. Dilaporkan, Korea Selatan dapat melanjutkan penerbangan internasional akhir tahun ini. Hong Kong akan membuka perbatasannya untuk pelancong internasional “di beberapa titik pada tahun 2021”. Jika dinyatakan negatif maka boleh melanjutkan perjalanan, jika positif akan diminta melakukan karantina lanjutan selama 14 hari lagi.