Kabar Baik! Antar 2 Lansia Vaksinasi, Warga Dki Dapat Vaksin

Vaksinasi untuk 21 jutaan lansia diprioritaskan bagi warga senior ibu kota di 34 provinsi, khususnya di Jawa–Bali. Bisnis.com, JAKARTA – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia dan petugas pelayanan publik sudah masuk tahap 2. Vaksinasi lansia dimulai di ibu kota provinsi dengan prioritas di Jawa Bali. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia dan petugas pelayanan publik sudah masuk tahap 2. Sebagai informasi, Kemkes memberi dua opsi bagi masyarakat lansia untuk mendaftarkan diri sebagai penerima vaksinasi tahap II, yaitu mendaftarkan diri pada website bagi yang ingin mengikuti vaksinasi di puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Namun, pencapaian goal vaksinasi yang ditetapkan masih terkendala kurangnya pasokan dari pusat. Liputan6.com, Jakarta Penelitian menyebutkan efek samping dari vaksinasi COVID-19 pada lanjut usia sejauh ini tidak terlalu parah, efek vaksinasi pun dapat diminimalisasi dengan berbagai cara. Warga Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Rusminah , menjadi warga lansia pertama yang menerima vaksin Covid-19 di RSUD Tanjung Priok, Sabtu 20 Februari 2021.

Kini, vaksinasi tengah dilakukan dengan menyasar warga yang masuk katagori lansia. Bila terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya KIPI, penyediaan akses layanan medis dan obat-obatan harus diperhatikan. Kesiapsiagaan tenaga kesehatan merupakan hal yang penting terutama pelaksanaan vaksinasi pada kelompok lansia.

Vaksin bagi lansia

Dosis kedua berperan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin sehingga antibodi yang telah terbentuk semakin kuat dan optimal. BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19 CoronaVac dari Sinovac bagi penduduk di atas 60 tahun. “Jadi BPOM tepat sekali mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk lansia ya. Dan itu mestinya dulu-dulu kalau bisa, tapi ya cuman kan bukti ilmiahnya mungkin belum ada ,” kata Windu kepada DW, Selasa (9/2). Dwijo adalah seorang dokter spesialis psikiatri yang tahun ini akan menginjak usia yang ke-71 tahun.

Vaksin Covid-19 untuk lansia ini dimulai di Jakata dan ibu kota provinsi seluruh Indonesia. Kedua lokasi menjadi prioritas karena tercatat lebih dari 65% kasus covid-19 ditemukan di dua wilayah tersebut. Saat ini 7 juta vaksin sudah siap untuk didistribusikan dan akan segera sampai di 34 provinsi.

Petugas juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap calon penumpang yang menunjukkan gejala Covid-19. Ketua Harian Satgas Pengendalian, Pencegahan, dan Penanganan Covid-19 Papua Welliam Manderi mengatakan, pihaknya meminta pemerintah pusat agar mempercepat distribusi vaksin di sejumlah kabupaten di Papua. Kegiatan ini juga untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional Papua 2021. PON Papua bakal digelar pada 2-15 Oktober 2021 di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Pemberian dua dosis vaksin COVID-19 dimaksudkan agar imunitas terhadap virus Corona bisa terbentuk secara maksimal. Berdasarkan uji klinis yang telah dilakukan, vaksin Sinovac sudah terbukti aman dan efektif pada lansia. Efikasi vaksin Sinovac untuk lansia pada uji klinis ini bahkan mencapai ninety eight%. Jika memiliki kondisi-kondisi di atas, maka vaksin baru bisa dilakukan hingga kondisi pasien terkontrol baik.

Vaksinasi dilaksanakan organisasi/institusi yang bekerja sama dengan Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan seperti kementerian/lembaga dan organisasi keagamaan/kemasyarakatan. Bagi mereka yang datang tanpa mendaftar atau peserta yang datang di luar jadwal tidak akan dilayani. Mengakhir keterangan persnya, Menkes kembali mengingatkan seluruh masyarakat agar terus disiplin dari menerapkan protokol kesehatan. Orang yang sudah divaksinasi, imbuhnya, masih dimungkinkan untuk terkena virus namun efek yang ditimbulkan tidak akan parah. Ditemui di lokasi vaksin, Sularto , warga Kelurahan Wonokarto Kecamatan Wonogiri, merasa senang karena dirinya lolos skrining dan diperkenankan mendapatkan suntikan Sinovac hari ini.

Melakukan studi klinis setelah persetujuan guna memastikan efektivitas vaksin dalam pencegahan infeksi virus corona. Datang ke RS sesuai jadwal dengan membawa KTP (Karawang atau non-Karawang). Jika ada 3 jawaban “Ya” atau lebih dari 5 pertanyaan di atas, maka vaksin Covid-19 tidak bisa diberikan.