Menkes Belum Bisa Pastikan Harga Vaksin Covid Skema Mandiri

Menunggu konfirmasi dari pihak rumah sakit apabila vaksin sudah tersedia. Tidak termasuk dalam daftar orang yang belum layak divaksin Covid-19 (dapat dilihat di web site resmi KEMENKES RI. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan pre-vaksinasi bagi yang memiliki penyakit komorbid/penyerta. Dengan melakukan pendaftaran artinya pasien akan teregistrasi dalam program Vaksinasi Mandiri Covid-19. “Bila kami ingin memperkuat informasi, kini kami hanya mendapat dari kelompok rentan dan segelintir yang jadi prioritas, kami harus mendapatkan itu dari lapangan,” ucapnya.

Badan Perlindungan Konsumen Nasional mengatakan harga vaksin COVID-19 mandiri atau berbayar harus terjangkau bagi masyarakat. Idealnya berdasarkan rekomendasi BPKN, harga vaksin tertinggi adalah tidak lebih dari Rp100 ribu per dosisnya. Namun, dia berharap pemerintah dapat memahami kondisi keuangan perusahaan di tengah goncangan wabah Covid-19 saat ini.

Inactivated virus, mengembangkan vaksin dari virus SARS-CoV-2 yang dimatikan. Namun sebelum digunakan, vaksin Sinopharm tetap harus mendapat izin edar darurat dari BPOM. Jadi, setelah nanti tiba BPOM akan melakukan pengecekan dan evaluasi, baru setelah itu terbitkan emergency use authorization . Pada Desember 2020 lalu, sempat muncul kabar vaksin Moderna menyebabkan pembengkakan wajah sementara pada dua peserta penelitian, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat . Dua peserta ini ternyata baru saja menjalani prosedur filler pada wajah mereka .

Harga vaksin mandiri

“Untuk 6.644 perusahaan ini sudah kami laporkan ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan ditaksir kebutuhan vaksinnya sebanyak 7,5 juta dosis,” ujarnya Sabtu (27/2). Bisnis.com, JAKARTA – Beredar sebuah pesan berantai mengabarkan kegiatan vaksinasi mandiri di kantor Kamar Dagang dan Industri Indonesia Jawa Timur, Surabaya, mulai Kamis (8/four/2021). “Memang vaksin Corona untuk rakyat ditargetkan free of charge, minimal untuk pemilik BPJS Kesehatan. Bamsoet bilang, dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 270 juta jiwa, maka 210 juta penduduk lainnya harus mengeluarkan biaya sendiri untuk vaksinasi Corona. Karena itu, dia meminta pemerintah memastikan harga vaksin Virus Corona benarbenar bisa terjangkau oleh semua kalangan.

Kebutuhan vaksin untuk kelompok mandiri diperkirakan mencapai 172.611.016. “Karena kita tentu perlu mendatangkan semuanya dan dalam vaksinasi awal kita akan bisa mengetahui cost-nya,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam program Prime Talk Metro TV, Senin, 7 Desember 2020. Untuk diketahui, pemerintah telah menetapkan enam jenis vaksin Covid-19 yang dapat digunakan dalam proses vaksinasi di Indonesia. Terawan juga menjelaskan bahwa pemerintah sudah menganggarkan uang negara sebesar Rp 17 triliun untuk membeli vaksin COVID-19 dari luar negeri pada 2021 untuk mendatangkan whole 246.575.051 dosis vaksin. Kemudian PT kimia Farma, PT Indofarma juga bekerjasama dengan perusahaan teknologi kesehatan asal Uni Emirat Arab, G42 untuk mengembangkan vaksin. Pertama vaksin gratis akan ditanggung oleh pemerintah yang diperuntukkan bagi yang tidak mampu dan akan berdasarkan foundation information BPJS Kesehatan, dan saat ini masih dalam tahap verifikasi.