Menkes Sebutkan Vaksin Covid

Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi memastikan masyarakat tidak bisa memilih vaksinnya karena ketersediaannya terbatas. Saat ini, di Hongkong tersedia vaksin Coronavac buatan Sinovac Biotech Limited dan vaksin Comirnaty yang dikembangkan Fosun Pharma berkolaborasi dengan BioNTech. “Kita minta bisa nggak melakukan akselerasi pengiriman dari bahan baku vaksin atau juga bisa memberikan tambahan di tahun ini. Jaga-jaga kalau ternyata pengunduran vaksin lainnya sampai ke tahun depan,” ujar Budi.

Kami Tim Satgas Covid-19 SLBN B Garut siap dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam vaksinasi. Namun sayang, program pemerintah yang begitu gencar untuk membantu serta memulihkan bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, masih ada saja warga yang menolak pemberian vaksin. Bahkan, banyak pihak yang mempengaruhi masyarakat kalau vaksin itu memiliki efek samping berbahaya. JAKARTA, KOMPAS — Permintaan pengusaha untuk dilibatkan dalam distribusi dan impor vaksin mesti dikaji matang agar tidak mengacaukan kalkulasi strategi pengendalian pandemi. Swasta tetap dapat berperan mendukung keberhasilan program vaksinasi Covid-19 tanpa mengomersialkan vaksin. Dalam kesempatan itu Menteri Kesehatan merinci alasan mengapa Indonesia membutuhkan 426 juta dosis vaksin Covid-19, yaitu dari 269 juta penduduk Indonesia, terdapat 188 juta orang berumur 18 tahun ke atas.

“Bahwa fasilitas pelayanan kesehatan kita didukung 10 ribu puskesmas. Semuanya sudah disiapkan untuk rantai dinginnya untuk menerima vaksin ini,” kata Bambang dalam konferensi pers, Ahad, three Januari 2020. Nadia mengatakan Vaksin Sinovac mengharuskan disimpan di tempat penyimpanan dengan kisaran suhu 2 hingga 8 derajat celcius, agar tetap terjaga kualitasnya. Ia menegaskan sarana prasarana ini sudah dimiliki daerah, sejak adanya program imunisasi pada anak dulu.

Sebagai informasi, pemerintah saat ini tengah mengejar goal melakukan vaksinasi terhadap one hundred eighty juta penduduk hingga akhir 2021. Shopee melalui pusat vaksinasi tersebut berkomitmen untuk memberikan whole 20.000 dosis vaksin kepada masyarakat di Jawa Barat. Namun, tak seluruh masyarakat Indonesia menyambut hangat dan mendukung program ini. Saat ini muncul banyak hoaks atau disinformasi terkait vaksin yang tentunya dapat menghambat kelancaran program vaksinasi, bahkan menimbulkan polemik dan potensi masalah yang dapat menjadi celah konflik sosial. Pada saat ini vaksin COVID-19 telah mendapatkan sertifikasi halal & suci oleh MUI dan persetujuan penggunaan Emergency Use Authorization dari BPOM dan sedang dalam proses pendistribusian ke masyarakat luas. Upaya pelaksanaan vaksinasi adalah untuk melengkapi upaya pencegahan penyebaran COVID-19 lebih luas lagi, Jadi setelah pelaksanaan vaksin masyarakat tetap diwajibkan untuk melanjutkan protokol kesehatan .

Vaksin dari pemerintah

Verifikasi ini kemudian akan dibantu dan melibatkan Lurah, Kepala Dusun, Ketua RT/RW serta puskesmas setempat. Selain melalui notifikasi SMS, cara mendapatkan vaksin Corona COVID-19 bisa dilakukan melalui layanan on-line. Layanan yang dimaksudkan, yakni Layanan Peduli Lindungi melalui aplikasi dan situs web resminya. Rencananya, pada triwulan pertama tahun 2021, vaksin Merah Putih akan diserahkan PT Bio Farma untuk dilakukan uji klinis dan praklinis dan selanjutnya mendapat izin edar.

Sebenarnya, orang pertama yang berani melakukan uji coba vaksin adalah orang nomor 1 di Jawa Barat, yaitu Bapak Gubernur Ridwan Kamil. Tentu saja hal ini beliau lakukan untuk membuktikan bahwa vaksin tersebut memang benar bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh dan tidak berbahaya. Rizka juga menjawab banyaknya pertanyaan di masyarakat yaitu terkait uji klinik fase three vaksin CoronaVac yang tidak dilakukan di negara pembuatnya, Tiongkok. “Jika masyarakat yang divaksinasi dalam jumlah besar maka akan terbentuk kekebalan dalam masyarakat atau yang disebut Herd Immunity. Oleh karena itu dibutuhkan sekitar 80-ninety% dari masyarakat yang divaksinasi,” jelasnya.

Vaksin dalam distribusi berada pada suhu standar, yaitu 2 derajat celcius sampai eight derajat celcius. “Dengan information tersebut Badan POM memberikan batas kedaluwarsa vaksin Covid-19 selama enam bulan, baik Sinovac maupun Astrazeneca,” katanya. Lucia menambahkan untuk waktu kedaluwarsa vaksin Covid-19 diketahui masih baru dan diproduksi akhir 2020. Pengujian stabilitas industri farmasi menunjukkan data kestabilan selama tiga bulan. Dalam kesempatan yang sama Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi dari BPOM Lucia Rizka Andalusia mengatakan proses lanjutan yang dilakukan agar vaksin COVID-19 bisa segera dilakukan. Sejak kedatangan vaksin Covid-19 pertama kali, Bio Farma sudah mendistribusikan vaksin ke 34 Provinsi di seluruh Indonesia.

Garda terdepan, meliputi medis dan paramedis contact tracing; pelayanan publik termasuk TNI/Polri dan aparat hukum. Vaksin yang dibutuhkan dua kali lipat dari jumlah tersebut, yakni 6,9 juta dosis. Pelaku usaha meminta pemerintah agar mempercepat kedatangan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong atau mandiri. Program vaksinasi gotong royong belum terlaksana karena masih menunggu kedatangan vaksin. Dalam rapat kerja dengan Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat , Selasa (12/1), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan pemerintah sudah memiliki kontrak yang pasti untuk membeli sekitar 270 juta dosis dari kebutuhan 426 juta dosis vaksin Covid-19.

Ia menyebut, vaksinasi untuk kalangan petugas publik dan lansia, hingga kini mencapai 24 persen. Adapun, sasaran goal untuk pelayan publik dan lansia mencapai 5,5 juta orang, terdiri dari petugas publik 2,2 juta orang dan lansia 3,2 orang. “Belum lagi persoalan information penerima vaksin yang menuai sengkarut. Alhasil, tujuan vaksinasi untuk membentuk herd immunity ini pun terancam gagal,” ujar Netty. Masranik menambahkan, apabila waktunya nanti dipanggil untuk mendapatkan imunisasi vaksinasi, ambilah dan lakukan. Diharapkan, masyarakat mendukung dengan program yang tengah dilakukan pemerintah tersebut.