Pemerintah Belum Tetapkan Harga Vaksin Mandiri

Data interim atau sementara memperlihatkan efektivitas vaksin Sinopharm untuk melawan virus corona mencapai 86 persen. Nah, sebelum vaksin Sinopharm nanti akhirnya digunakan, kumparan mengingatkan lagi soal detail tentang vaksin ini. Meski begitu, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa vaksin Moderna mampu melawan virus corona varian baru yang diidentifikasi di Inggris (B.1.1.7) dan yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan (B.1.351). Vaksin Moderna harus diberikan 2 dosis, dengan penyuntikan masing-masing dosis memiliki interval four pekan. Agar bertahan lama vaksin ini harus disimpan dengan suhu minus 20 derajat Celcius. Vaksin ini hanya bertahan 30 hari jika didinginkan pada suhu antara 2-8 derajat celcius.

Harga vaksin gotong royong berkaitan dengan kemampuan keuangan perusahaan untuk berpartisipasi dalam program perluasan vaksinasi. “Sambil program vaksinasi ini berjalan dan tersedia untuk semua orang kita harus tetap menjaga agar bagaimana protokol kesehatan bisa dilaksanakan,” imbuhnya. “Agar jangan sampai tujuan untuk mencapai herd immunity tadi tidak bisa dicapai.” Pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 itu salah satunya mengatur tentang batas atas harga vaksin dan harga pelayanan vaksinasi program Vaksin Gotong Royong ditentukan oleh Menteri Kesehatan. Permenkes tersebut mengatur bahwa vaksinasi gotong royong harus memakai vaksin berbeda dari vaksin Covid-19 di program pemerintah.

Prioritasnya ialah tenaga medis yang selalu berhadapan dengan risiko tinggi penularan dan elemen pendukungnya dari TNI-Polri, teknisi lab, petugas fasilitas pelayanan kesehatan lain, serta aparatur penegak hukum. Siti berujar, kehadiran dan penggunaan vaksin COVID-19 tersebut dalam program vaksinasi di Indonesia, masih dinamis mengikuti proses pengadaan dan izin penggunaannya. Ia meminta agar masyarakat melihat pengumuman vaksinasi melalui situs resmi pemerintah.

Solopos.com, SRAGEN—Embung Pungkruk seluas 10 hektare di Desa Ngepringan, Kecamatan Jenar, Sragen, mampu menampung air sebanyak 770.000 m3. Embung itu berperan penting untuk program penanggulangan krisis air bersih di wilayah Ngepringan dan sekitarnya dengan pendekatan swakarsa. Solopos.com, SRAGEN — Polisi membeberkan kronologi meninggalnya Sartikawati, 21, warga Krandegan, RT 30, Desa Mojorejo, Karangmalang, Sragen, yang jenazahnya ditemukan mengapung di Waduk Kembangan Sragen, Minggu (eleven/four/2021). Solopos.com, SUKOHARJO — Polres Sukoharjo berhasil membongkar kasus pembalakan liar atau illegal logging yang terjadi di kawasan objek wisata Batu Seribu, Gentan, Kecamatan Bulu, Sukoharjo. Solopos.com, KARANGANYAR — Seorang kakek berinisial S, sixty eight, menghantamkan cangkul ke cucunya sendiri HA, 17, di rumahnya di Desa Tuban, Gondangrejo, Karanganyar Senin (12/4/2021). S melakukan hal tersebut lantaran melindungi dirinya dan ibu korban yang diserang oleh HA menggunakan senjata tumpul.

Menag Yaqut mengizinkan masyarakat yang berada di daerah zona oranye dan merah untuk melakukan salat Tarawih di rumah saja. “Sehingga dengan ini, kami bisa memastikan tidak ada kebocoran empat vaksin tersebut,” kata Nadia. Pesan berantai itu berisi beberapa narasi yang bertentangan dengan ketentuan pemerintah. “Vaksin mandiri ini nanti akan dikelola melalui Badan Usaha Milik Negara Bio Farma beserta mitra-mitranya yang ditunjuk. Menurut Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Bambang Soesatyo, saat ini jutaan keluarga Indonesia masih menghadapi masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 dan resesi ekonomi.

Solopos.com, SUKOHARJO — Tiga unit mobil dan satu sepeda motor terlibat kecelakaan atau laka karambol di Jalan Raya Sidan-Lalung depan Toko Atun Jaya Plastik, Dusun Blimbing, Desa Wonorejo, Polokarto, Sukoharjo, Minggu (11/4/2021). Solopos.com, SOLO — Aparat Satlantas Polresta Solo menemukan keanehan pada sepeda motor milik pelaku balap liar yang mengalami kecelakaan di Jl Slamet Riyadi, Minggu (eleven/4/2021) dini hari. Solopos.com, KLATEN — Ratusan karyawan toko pakaian Amigo Group dipastikan bebas virus corona pemicu Covid-19 menjelang Ramadan dan Lebaran 2021. Para karyawan itu mengikuti tes Ge Nose di poliklinik PT Macanan Jaya Cemerlang, Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara. Solopos.com, SUKOHARJO — Pemkab Sukoharjo merumuskan regulasi yang mengatur kegiatan ibadah dan sosial masyarakat selama puasa Bulan Ramadan di tengah gerusan pandemi Covid-19.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bidang Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, terkait program tersebut Kadin tengah diminta melakukan pendataan. Dia bilang, dalam dua minggu saja sudah hampir 6.seven hundred perusahaan menyatakan minat. Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berkeliling meninjau pelaksanaan protokol kesehatan di Pondok Pesantren Bumi Sholawat di Sidoarjo.

Pasalnya, sebagian besar ekonomi rakyat dinilai tengah lesu akibat pagebluk, terkhusus bagi masyarakat yang masuk dalam kepesertaan BPJS Kesehatan. Jokowi mengatakan, pengadaan vaksin juga harus memperhatikan hitung-hitungan secara cermat. Memang, pemerintah dalam mengadakan vaksin, ada yang gratis dibiayai pemerintah dan ada pula dipatok harga atau dikenal vaksin mandiri. Pemerintah juga membagi program vaksinasi menjadi dua yakni 30 persen vaksin program dan 70 persen vaksin mandiri. Sementara untuk vaksin mandiri merupakan vaksin yang tidak disubsidi oleh pemerintah sehingga masyarakat yang mampu dapat memperolehnya dengan membeli vaksin.

Harga vaksin mandiri

WowKeren – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sudah tegas meresmikan beleid terkait vaksinasi mandiri COVID-19, atau dikenal dengan program Vaksin Gotong Royong. Lewat program ini, maka biaya vaksinasi untuk pekerja akan ditanggung oleh perusahaan. PIKIRAN RAKYAT – Kamar Dagang dan Industri Indonesia telah mencatat jumlah peserta penerima program vaksin gotong royong alias vaksinasi mandiri. Budi menjelaskan, vaksin yang akan digunakan oleh pihak swasta akan berbeda dengan vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi gratis pemerintah. Alasannya, agar tidak terjadi kebocoran dari vaksin free of charge ke vaksin berbayar.

Kurang dari 2 bulan kemudian, pada 9 Desember 2020, Uni Emirat Arab memberikan persetujuan penuh untuk pengguanaan vaksin Sinopharm sekaligus mengumumkan tingkat efektivitasnya sebesar 86 persen. Sementara pada 14 Desember 2020, penggunaan vaksin itu juga disetujui di Bahrain. Vaksinasi gotong royong telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19.