Pemerintah Diminta Fokus Pada Program Vaksin Free Of Charge

Ia mengungkapkan dengan adanya herd immunity, maka akan menjadi seasonal disease, yaitu penyakit musiman yang bisa dicegah dengan vaksin. “Terkait vaksin gotong royong, Menkes akan membuat Permenkes ,” kata Airlangga dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (3/2). Kalau untuk tahap awal vaksinasi, Saleh Daulay setuju menggunakan vaksin Covid-19 yang dibeli dari luar negeri karena untuk mempercepat proses vaksinasi. Dia merasa janggal kalau proyek vaksin Merah Putih tetap dijalankan walau tidak akan dipakai dalam vaksinasi massal.

Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan inactivated virus ke tubuh sehingga vaksin dapat bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru. Langkah lainnya adalah pemerintah mendorong pengadaan vaksin gotong royong. Pengadaan untuk vaksin gotong royong saat ini sudah mendapatkan komitmen dari Sputnik, Cansino, dan Sinopharm.

Setelah vaksinasi tenaga kesehatan selesai, pemerintah akan memvaksinasi 17,four juta petugas pelayanan publik. Pada tahap selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan pada kelompok masyarakat yang lain. Presiden Joko Widodo sendiri telah memberikan goal kepada Kementerian Kesehatan untuk menyelesaikan vaksinasi Covid-19 pada seluruh sasaran dalam waktu satu tahun.

Arya Sinulingga, Koordinator PMO Komunikasi Publik KPCPEN dan Jubir Kementerian BUMN menuturkan bahwa vaksinasi Gotong Royong merupakan upaya pemerintah untuk mengakomodir perusahaan yang berkeinginan membantu menangani pandemi COVID-19. Terkait dengan penanangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi untuk vaksin Gotong Royong akan sama dengan penanganan KIPI untuk program vaksinasi pemerintah. “Dalam pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong, pihak pelaksana harus berkoordinasi dengan dinas kesehatan Kabupaten/Kota setempat,” tuturnya. DiberitakanKompas.com, 7 Desember 2020, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan menyebut ada enam kelompok masyarakat yang menjadi sasaran prioritas vaksinasi Covid-19. Kamu akan menerima respons otomatis yang menanyakan konfirmasi terkait apakah seorang tenaga kesehatan, dengan berbagai pilihan menu.

Vaksin dari pemerintah

Gunakan 6 digit terakhir NIK untuk mendaftar dan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi. Selain itu, semua orang berusia 30 tahun ke atas yang bukan dalam kelompok prioritas serta pekerja yang menjaga orang tua berusia 70 tahun ke atas juga dapat menerima vaksin. “Kalau pun tidak bisa dipenuhi jangan dihabiskan, tapi diberikan beberapa yang bisa untuk Indonesia. Karena itu akan sangat mengganggu program vaksinasi,” tambah dia. Berdasarkan data dari Kemenkes hingga Minggu (11/4), sebanyak 10.045.575 orang sudah menerima dosis pertama vaksin COVID-19. Kementerian Kesehatan membenarkan ada gangguan dalam program vaksinasi nasional akibat kendala pengiriman vaksin AstraZeneca, imbas embargo dari India.

Vaksin Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization dari Badan Pengawas Obat dan Makanan . Dengan izin penggunaan darurat ini, vaksin CoronaVac produksi Sinovac Life Science Co.Ltd.China dan PT Bio Farma dapat digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia. Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan ada enam jenis vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi virus corona di Indonesia. Setiap orang akan menjalani dua kali vaksinasi dengan jeda waktu 14 hari.

Menurut Nadia, vaksinasi Covid-19 gotong royong baru bisa dilaksanakan bila vaksin yang akan digunakannya sudah tersedia. Penyediaan vaksin Covid-19 gotong royong merupakan kewenangan Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan PT Bio Farma. Pemerintah menunjuk dua BUMN, yakni PT Telekomunisasi Indonesia dan PT Bio Farma untuk menyelenggarakan sistem informasi satu information vaksinasi Covid-19.

Untuk tahun ini Cansino menyanggupi a hundred,000 vaksin pada bulan November 2020, dan sekitar juta untuk tahun 2021. G42/Sinopharm menyanggupi 15 juta dosis vaksin tahun ini, yang 5 juta dosis akan mulai datang pada bulan November 2020. Untuk tahun 2021, Sinopharm mengusahakan 50 juta , Cansino 20 juta , Sinovac 125 juta . Single dose artinya satu orang hanya membutuhkan 1 dosis vaksinasi, sementara dual dose membutuhkan 2 kali vaksinasi untuk satu orang.

Vaksin tersebut bakal dibagikan dalam dua skema yaitu, skema subsidi dan skema mandiri. Disinggung mengenai percepatan vaksinasi, Yulianto mengatakan, kecepatan proses vaksinasi bergantung pada pengiriman vaksin oleh pemerintah pusat. Saat ini, ia menyebut di gudang Dinkes Jateng, stok vaksin yang tersedia terbatas.

Kemudian masyarakat, tokoh agama, daerah, kecamatan, RT/RW 5,6 , 11 juta jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin (12/10/2020). Bunyi poin 2 dalam Juknis Vaksinasi bagian Registrasi dan Verifikasi sasaran itu. Registrasi ulang sebagaimana dimaksud meliputi juga upaya verifikasi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan oleh sistem untuk mengonfirmasi domisili serta self-screening sederhana terhadap penyakit penyerta yang diderita.