Pemerintah Masih Menimbang Harga Vaksin Mandiri

Selain itu, pelaksanaan vaksinasi mandiri harus dilakukan oleh perusahaan dengan menggandeng fasilitas kesehatan swasta. Maka itu, vaksinasi gotong royong tidak akan dilaksanakan di fasilitas kesehatan milik pemerintah. Sejumlah asosiasi perusahaan swasta yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia selaku inisiator program mengatakan siap membayar harga vaksin gotong royong hingga Rp1 juta per orang. TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan Roeslani menyatakan sudah mengusulkan kepada pemerintah ihwal harga vaksin mandiri di program vaksinasi Covid-19. Menurut dia, harga vaksin Covid-19 untuk program vaksinasi mandiri tak lebih dari Rp1.000.000. Dikatakan, harga vaksin mandiri atau gotong royong ini baru akan ditetapkan setelah adanya pertemuan antara pihak Bio Farma dengan produsen vaksin.

Harga vaksin mandiri

Tapi kami masih menunggu bagaimana aturan dari pemerintah saja,” katanya seperti dilansir tempo.co, Jumat (12/2). Adapun harga vaksin nantinya akan ditentukan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, seperti diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Kadin mengusulkan sejumlah perusahaan swasta di sektor farmasi yang memiliki infrastruktur untuk distribusi vaksin. “Untuk dari pengadaannya harus melalui Biofarma, jadi Kadin ada perjanjian dengan Biofarma untuk pengadaan vaksinnya. Dan juga sudah mengusulkan beberapa perusahaan swasta yang membantu distribusi logistik cold chain-nya,” kata Shinta.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menetapkan batas harga vaksin yang dilakukan pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta. Aturan menegaskan swasta wajib membeli vaksin mandiri ke pemerintah atau BUMN. Sementara yang kedua, Jalur Mandiri yang menyasar masyarakat yang berusia tahun, ada sekitar 57 juta orang sasarannya vaksin corona atau Covid-19 dengan kebutuhan vaksin sekitar a hundred and fifteen juta dosis. Vaksin mandiri ini, masyarakat harus membayar sesuai dengan harga vaksin yang telah ditentukan oleh pemerintah. Vaksin gotong royong merupakan program vaksin khusus pekerja yang pelaksanaannya menjadi tanggung jawab perusahaan. Kelompok pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri mengusulkan vaksin mandiri kepada pemerintah untuk mempercepat program vaksinasi di kalangan industri.

Kemungkinan akan diselesaikan oleh Pemerintah pada pekan ketiga Februari 2021. Namun, Rosan tidak bisa memastikan kapan regulasi terkait impor vaksin Covid-19 oleh swasta bisa selesai. Namun hingga kini Bio Farma, BUMN dan swasta, masih belum menentukan harga batas atas vaksin mandiri atau vaksin gotong royong. Jakarta, CNBC Indonesia- Industri tekstil dan produk tekstil turut mendukung pelaksanaan vaksinasi jalur gotong royong. Lalu apa yang menjadikan pemerintah berbalik arah pada perencanaan kebijakannya?

Namun yang pasti rumah sakit akan mengorder vaksin berdasarkan information perusahaan yang sudah mendaftar di kami. JAKARTA, iNews.id – Kamar Dagang dan Industri Indonesia DKI Jakarta merespons terbitnya Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 ihwal Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Beleid itu menjadi payung hukum dalam pelaksanaan vaksin gotong royong atau mandiri. Namun, merujuk pemberitaan Reuters pada 12 Februari 2021, Senegal telah membayar sekitar 3,72 juta dolar AS untuk 200 ribu dosis vaksin Sinopharm.