Menu Close

Perpanjangan Ppkm Level 3 Dan 4 Berakhir Besok, Ini Perkembangan Covid

Untuk supermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai pukul 20.00 Wita dengan kapasitas pengunjung 50 persen. Pasar tradisional yang menjual selain kebutuhan pokok juga diizinkan berdagang sampai pukul 15.00 waktu setempat dengan kapasitas maksimal 50 persen dan dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat yang diatur oleh masing-masing pemerintah daerah. JAKARTA, DDTCNews – Pemerintah memutuskan memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat Kong4D skala mikro tahap kedelapan di 30 provinsi dari 18 Mei sampai dengan 31 Mei 2021. Pasar tradisional, selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan dibuka sampai dengan pukul 15.00 WIB dengan kapasitas maksimal 50 persen, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat yang pengaturannya ditetapkan oleh Pemerintah Daerah. YOGYAKARTA — Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro karena dinilai efektif menekan kasus konfirmasi positif COVID-19 di daerah ini.

PORTAL MAJALENGKA – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat yang kini berubah menjadi Level four hari ini, 25 Juli 2021, kembali ditentukan. Pemerintah memrioritaskan vaksinasi bagi lansia karena kelompok tersebut merupakan yang paling berisiko terpapar Covid-19 dengan tingkat fatalitas yang tinggi. Berdasarkan kebijakan pemerintah, penumpang pesawat diwajibkan menggunakan hasil tes Covid-19 PCR, sementara tes antigen tidak lagi diakui. Alvin mengatakan, insentif yang diberikan oleh pemerintah kepada sektor penerbangan tidak memiliki dampak besar. Retribusi yang diberlakukan pada akhir tahun hanya diberikan selama tiga bulan.

Misalnya untuk DKI Jakarta yang mengalami penurunan kasus yang cukup signifikan, PPKM-nya bisa turun dari four menjadi stage 3. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, selama penerapan PPKM mikro, kasus COVID-19 dapat lebih terkendali. Untuk itu kebijakan ini akan terus diperpanjang agar kasus penularan COVID-19 dapat ditekan.

PPKM di perpanjang kembali

Airlangga juga menyebutkan sejumlah indikator penanganan yang mengalami perbaikan dalam PPKM periode sebelumnya. “PPKM mikro sendiri akan diberlakukan perpanjangan yang ketujuh antara tanggal 4-17 Mei,” kata Airlangga. Sedangkah untuk sektor casual, semua disesuaikan dengan jam operasional masing-masing tempat usaha.

Dengan situasi darurat seperti ini, ia menginstruksikan agar seluruh rumah sakit bisa meningkatkan kapasitas BOR untuk pasien COVID-19 sampai 50 persen seperti yang dilakukan rumah sakit di wilayah DKI Jakarta. Jokowi juga berpesan agar daerah menyiapkan sarana dan prasarana bagi pasien COVID-19 seperti tempat karantina mulai dari stage kecamatan, obat-obatan dan kebutuhan lainnya agar warga yang terpapar COVID-19 bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan semua pemimpin daerah untuk menyiapkan rumah sakit cadangan maupun rumah sakit darurat agar semakin banyak pasien corona ditangani dengan baik. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lain yang sejenis, diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00.