Syarat Vaksin Sinovac Untuk Lansia, Apa Saja?

Menurutnya, program vaksinasi yang bertujuan untuk mengendalikan pandemi memang seharusnya memiliki prioritas, apalagi vaksin yang digunakan tidak bisa diperoleh secara serempak. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapat vaksin Sinovac buatan Cina saat memulai kampanye vaksinasi massal di Ankara pertengahan Januari silam. Saat ini kuota vaksinasi di Turki mencapai sekitar eleven dari one hundred warga di negara dengan populasi 82 juta orang itu. Negara kecil di Amerika Selatan, Chile juga melakukan vaksinasi massal dengan cepat. Negara dengan populasi sekitar 19 juta orang itu sudah mencapai kuota 19,2 per a hundred penduduk.

Ini karena dokter juga harus mempertimbangkan penyakit penyerta yang diidap pasien lansia. Jika yang bersangkutan petugas pelayan publik atau lansia bisa koordinasi dengan puskesmas / dinas kesehatan wilayah tempat bekerja. Apakah di salatiga sudah melayani vaksin untuk lansia, karena berdasarkan hyperlink yang tertera hanya untuk vaksinasi di kota semarang. Apakah bisa datang langsung ke puskesmas terdekat atau puskesmas tertentu di salatiga yang mengadakan vaksinasi. “Untuk peserta yang masuk tahap dua tetapi belum terdaftar, masih bisa melakukan pendaftaran. Untuk mengikutinya, masyarakat lansia pun diberikan pilihan fasilitas kesehatan pemerintah maupun organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan pemerintah.

Lansia memerlukan jarak 28 hari untuk vaksinasi COVID-19 kedua, berbeda dari kategori penerima vaksin berusia tahun yang perlu jarak 14 hari. Di samping itu, manajemen risiko harus direncanakan dengan sebaik-baiknya sebagai langkah antipasti mitigasi risiko apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan setelah pemberian vaksin. Penyediaan akses pelayanan medis dan obat-obatan untuk penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi yang serius yang mungkin terjadi harus menjadi perhatian bagi penyelenggara pelayanan vaksinasi untuk Lansia. Kesiapsiagaan petugas kesehatan di lapangan juga merupakan hal yang sangat penting. Badan POM telah membahas bersama Tim Komite Nasional Penilai Obat dan para ahli di bidang vaksin, ITAGI , Dokter Spesialis Alergi dan Imunologi, dan Dokter Spesialis Geriatrik dalam menetapkan keputusan penggunaan vaksin COVID-19 untuk lansia. Berdasar hasil evaluasi bersama tersebut, maka pada tanggal 5 Februari 2021 Badan POM menerbitkan EUA vaksin CoronaVac untuk usia 60 tahun ke atas, dengan 2 dosis suntikan vaksin yang diberikan dalam selang waktu 28 hari.

Itu sebabnya, vaksinasi yang dilakukan Indonesia ke tenaga kesehatan saat ini hanya menyasar rentang usia tersebut. Jepang memulai program vaksinasi COVID-19 untuk orang-orang berusia 65 tahun ke atas hari Senin (12/four). Mereka adalah kelompok kedua di Jepang yang menerima vaksin itu setelah para petugas medis yang mulai menerima vaksinasi pada bulan Februari.

Para lansia yang memiliki riwayat penyakit ini diharapkan untuk kontrol dulu ke dokter. Dari Bandar Lampung dilaporkan, Pemprov Lampung tetap mengantisipasi lonjakan mobilitas warga jelang Lebaran 2021 meski pemerintah pusat melarang mudik. Selain penerapan protokol kesehatan, pemeriksaan kesehatan di sejumlah simpul transportasi juga disiapkan. Di Papua, Pemerintah Provinsi Papua menggelar vaksinasi massal di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura mulai Selasa (6/4/2021). BANDUNG, KOMPAS — Beragam upaya dilakukan pemerintah daerah untuk mengejar target cakupan vaksinasi Covid-19.

Presiden Sebastian Pinera mendaat suntikan vaksin perdana secara simbolis pertengahan Februari lalu di kota Futrono. Amerika Serikat juga ngebut memerangi pandemi Covid-19, setelah terganjal beberapa bulan oleh politik Trump. Artinya hingga saat ini sudah lebih dari 76 juta dari whole 331 juta populasi AS mendapat minimal satu dosis vaksin buatan BioNTech-Pfizer atau Moderna.

Vaksin bagi lansia

Menurut dr. Iqbal, vaksin Sinovac belum dapat diberikan pada lansia yang mengalami hipertensi, diabetes, kanker, penyakit kronis, serangan jantung, gagal jantung , nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke ataupun gagal ginjal. Sementara itu, pemberian vaksin sinovac untuk lansia memiliki rentang waktu 28 hari. Nantinya, pemberian vaksin Sinovac untuk lansia memiliki rentang waktu yang berbeda antara dosis pertama dan kedua. Menurut Penny, persetujuan penggunaan vaksin Sinovac untuk lansia di Indonesia berawal dari fakta bahwa angka kematian akibat COVID-19 pada usia lanjut relatif tinggi.

Begitu juga tenaga kesehatan yang bertugas, mereka pun turut dilengkapi dengan penutup kepala dan pakaian alat pelindung diri . Warga lansia mengikuti pemeriksaan kesehatan sebelum menjalani vaksinasi COVID-19 tahap pertama di SD 05, Penggilingan, Jakarta Timur, Kamis (25/2/2021). Menkes juga mengimbau seluruh masyarakat untuk mengajak anggota keluarganya yang berusia lanjut untuk mengikuti program vaksinasi.

Pemberian vaksin Sinovac berlangsung dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIT, ” kata Aaron. Pasokan vaksin Covid-19 belum sebanding dengan goal capaian di sejumlah daerah, termasuk untuk kelompok sasaran lanjut usia. “Kalau penyakitnya tidak terkendali maka tidak bisa divaksinasi, untuk lansia dengan komorbid yang masih terkendali itu masih bisa diberikan vaksinasi asalkan penyakitnya terkontrol,” tutupnya. Walkot Jakut Ali Maulana Hakim memastikan antrean vaksinasi untuk masyarakat golongan lansia aman terkendali. Sebanyak 250 Lansia di Kramat Jati mengikuti vaksinasi tahap pertama di SMP 281 Jakarta Timur. Diperingatkan kemudian bagi petugas publik yang sudah divaksinasi, tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, untuk melindungi diri, keluarga, dan orang-orang di sekitar.