Menu Close

Tahukah Anda? Depresi Dan Stres Berlebih Dapat Merusak Jaringan Otak!

Sekalipun memiliki ciri yang hampir sama, depresi dan stres memiliki degree ‘masalah’ dan durasi yang berbeda. Padahal, depresi adalah sebuah penyakit mental yang tidak bisa dianggap main-main. Karena, depresi telah menjangkiti hampir separuh penduduk dunia dan membawa kerugian ekonomi pada sebuah keluarga dan bahkan negara, karena ketidakmampuan seseorang untuk menjalankan kehidupan sehari-harinya. Jika kamu merasa kesepian dan nggak nyaman terus berada di rumah, kamu bisa mencoba untuk berkomunikasi dengan teman. Jangan lupa untuk turut memberikan dukungan emosional bagi temanmu! Kita semua sedang mengalami masa yang sulit karena pandemi Covid-19.

“Saya lakukan di beberapa pasien yang konsul ke saya yang ga nyaman tenggorokannya, lumayan bisa mengurangi batuk-batuknya,” sambungnya. Menurut dr Tirta gejala tersebut bisa diredakan dengan rutin minum wedang jahe tanpa gula. Dilansir Djawanews dari laman Voi.id, berikut lima jenis gangguan psikologis utama yang perlu Anda ketahui.

Dibanding berfokus pada hal yang tak bisa Anda kontrol, Help Guide menyarankan, agar Anda fokus pada hal yang bisa atur. Misalnya, tidak keluar rumah untuk hal yang tak perlu, menggunakan masker dan menjaga jarak saat berkegiatan di luar rumah, dan rajin menjaga kebersihan diri serta lingkungan. Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi, termasuk cuaca panas, obat-obatan, gangguan pencernaan, dan kelelahan. Ada sejumlah makanan yang sebaiknya dimakan mentah agar tetap sehat dan tidak menghilangkan nutrisi di dalamnya.

Hadapi pikiran negatif sebelum memburuk Setelah menyadari kondisi yang dialami, sekarang saatnya untuk belajar mengendalikan pikiran tersebut. Kendalikan diri agar tidak terlarut dalam pikiran tersebut dan tanamkan dalam pikiran bahwa hal tersebut terlalu berlebihan untuk dipikirkan, sehingga sebaiknya berhenti memikirkannya. Temuan ini menunjukkan perlunya program manajemen stres yang spesifik untuk kebutuhan mahasiswa. Kuesioner Alat kedua adalah The Ways of Coping Questionnaire adalah ukuran multi-dimensi yang mengidentifikasi dan mengukur proses yang digunakan orang dalam menghadapi situasi stres. sixty Beli Free Spin six item mencakup berbagai macam strategi kognitif dan perilaku yang dilaporkan orang-orang yang mereka gunakan untuk menangani tuntutan inner atau eksternal dalam situasi stres.

Cara untuk tidak stress berlebih

Walaupun ada dorongan menghindar dari orang-orang di sekitar, Anda perlu menghubungi teman atau keluarga. Ceritakanlah masalah atau ketidaknyamanan yang Anda rasakan pada orang yang dipercaya, baik itu sahabat ataupun kerabat. Dengan menceritakannya, beban pikiran Anda akan berkurang dan Anda akan mendapat sejumlah saran yang bisa dipertimbangkan. Walaupun begitu, larut dalam permasalahan yang ada bukan pilihan tepat. Semua orang mesti bisa menerima kondisi dan terus melanjutkan hidup dengan keterbatasan yang ada.

Termasuk juga ke otak, di mana hormon Serotonin yang membuat orang merasa senang dibentuk. Untuk itu, Anda bisa menenangkan pikiran sebelum tidur dengan berendam air hangat. Air hangat dapat melonggarkan otot tubuh yang menegang dan menenangkan pikiran.