Vaksinasi Tahap Kedua Untuk Lansia Mulai Tertata Dan Lancar

Jika sudah terdaftar, Anda tinggal datang di hari, waktu, dan tempat yang didapatkan untuk vaksinasi. Calon penerima vaksin COVID-19 akan menerima SMS untuk menjalani vaksinasi dari pemerintah melalui nomor PEDULI COVID. Lansia sehat yang dimaksud adalah lansia yang belum pernah terinfeksi virus Corona, tidak dalam keadaan demam atau flu, tidak memiliki alergi vaksin, dan tidak ada kontak dengan orang yang terinfeksi virus Corona. Organisasi atau instansi dapat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan untuk melakukan vaksinasi massal untuk peserta lanjut usia. “Meskipun nanti sudah di vaksinasi kita tetap harus melaksanakan program kesehatan 3M meskipun kita telah divaksinasi. Karena kemungkinan kita untuk terpapar virus akan tetap ada namun kemungkinan untuk penderita gejala parah akan semakin kecil,” ucap dr. Nadia.

“Persyaratan vaksinasi COVID-19 pada Lansia ya pada umumnya Warga Sragen usia 60 tahun keatas, mendaftar melalui dinkes.sragenkab.go.id nanti harus hadir sesuai jadwal pelaksanaan,” terangnya. Untuk warga Sragen yang berusia lebih dari 60 tahun dapat mendaftarkan melalui website dinkes.sragenkab.go.id. Serta mengisi formulir pendaftaran vaksinasi COVID-19 pada bagian atas halaman. SRAGEN – Sejumlah kelompok lanjut usia diatas usia 60 tahun Kabupaten Sragen mulai menerima suntikan vaksin covid-19, Jumat (5/3/2021).

Oleh karena itu, lansia perlu menjadi prioritas penerima vaksin virus corona. Dikutip dari Bloomberg, uji klinis vaksin Sinovac tahap pertama dan kedua di Cina yang melibatkan four hundred orang lanjut usia menunjukkan hasil yang baik dari peningkatan jumlah antibodi. Menjelang pelaksanaan sekolah tatap muka secara terbatas pada Juli 2021, prioritas vaksinasi kini juga diberikan pada para guru dan tenaga pendidik. Beberapa lokasi vaksinasi sudah melayani vaksinasi guru, baik secara kolektif maupun individual. Selain by way of SMS, kini lansia juga bisa mendaftar lewat reserving “Cari Dokter” di website maupun aplikasi ALODOKTER untuk mendapatkan vaksin gratis dengan layanan drive by way of.

Saat ini Dubai mulai “roll out” vaksinasi dengan vaksin buatan BioNTech-Pfizer. Namun, setelah mendapat data dukung dari uji klinis fase 1 dan 2 di Cina dan fase 3 di Brasil – yang keduanya melibatkan subjek lansia di atas 60 tahun – izin penggunaan darurat bagi kelompok tersebut akhirnya diterbitkan oleh BPOM pada Jumat (5/2). Khusus lansia ber-KTP DKI Jakarta, dapat melakukan pendaftaran vaksinasi Covid-19 melalui hyperlink atau tautan dki.kemkes.go.id. Yang termasuk dalam kelompok penyakit komorbid, antara lain hipertensi, stroke, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit ginjal kronis. Apabila sudah terpapar, mereka susah disembuhkan dan relatif sulit diselamatkan nyawanya.

Selanjutnya pilihan kedua adalah mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Misalnya, menggandeng organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri, atau Veteran Republik Indonesia atau organisasi keagamaan/kemasyarakatan. Ditahap awal, pemberian vaksin Covid-19 untuk lansia dipusatkan di ibukota provinsi, terutama di Pulau Jawa dan Bali. Pasalnya, terdapat beberapa penyakit bawaan yang membuat lansia tidak dapat menerima vaksin Covid-19.

Vaksin bagi lansia

Berdasarkan information dari akun Instagram Dinas Kesehatan DKI Jakarta @dinkesdki, terdapat sixty nine lokasi vaksinasi bagi kelompok lansia di Ibu Kota. Banyak pemerintah daerah mengharapkan vaksinasi skala penuh untuk lansia setelah liburan Golden Week di bulan Mei. Vaksinasi Covid-19 untuk lansia berusia sixty five ke atas dimulai hari ini Senin (12/four/2021) dan diperkirakan selesai pertengahan Juni mendatang untuk 36 juta lansia dan suntikan dosis kedua.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia di RSUD Pademangan, Jalan Budi Mulia, Pademangan Barat, Jakut, sempat mengalami kendala di hari pertama. Kelurahan Sunter Agung berkolaborasi dengan Puskesmas Tanjung Priok terus melakukan pelayanan vaksin bagi masyarakat lansia yang dilakukan di SMA Negeri 41. Sebanyak 1.007 warga Lansia telah mendapat vaksin Covid-19 di RSUD Tanjung Priok, Jakut. Taspen sebagai BUMN Asuransi Sosial terbesar di Indonesia yang setiap harinya mengurus Pensiunan Aparatur Sipil Negara sangat tergerak untuk mendukung acara vaksinasi lansia.

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Seorang lansia Jepang, Murayama, mendapatkan surat dan kupon untuk vaksinasi ke tempat yang telah ditunjuk. Vaksinasi Covid-19 untuk lansia berusia sixty five ke atas dimulai hari ini dan diperkirakan selesai pertengahan Juni mendatang untuk 36 juta lansia. “Oleh karena itu vaksinasi pada lansia memang perlu didahulukan maka vaksinasi untuk lansia bertujuan untuk mencegah dan menurunkan angka kematian itu,” tegas Tjandra yang juga mantan Direktur WHO SEARO . Mereka sudah mematuhi protokol kesehatan dengan lebih banyak tinggal di rumah. Namun, mereka rentan tertular dari anggota keluarganya yang tinggal serumah, baik yang memiliki gejala maupun tanpa gejala.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Haryono, yang melakukan peninjauan langsung ke lokasi vaksin di Kompleks RSUD dr Soediran, Jumat (12/3/2021) mengatakan, vaksinasi bagi lansia merupakan skala prioritas pemerintah. Seorang warga lansia menahan sakit saat menerima suntikan Covid-19 dosis pertama dalam vaksinasi massal bagi warga lansia di Balai Besar Pelatihan Kesehatan di Jakarta, Rabu (24/three/2021). Sudinkes Pemkot Jakarta Utara sudah mulai melakukan program vaksinasi untuk lanjut usia . Pelaksanaan tahap kedua vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat lansia tengah dilakukan di beberapa wilayah Jakarta Utara. Kalau Anda memiliki keluarga di rumah yang termasuk ke dalam kelompok lansia silahkan segera daftarkan. Di tahap awal, vaksinasi baru akan dilakukan di Jakarta dan ibu kota provinsi saja.