Menu Close

Varian Delta Belum Usai Sudah Muncul Varian Baru Lagi

Meski demikian, pakar menyebutkan bahwa secara umum vaksin COVID-19 masih tetap efektif dalam membentuk kekebalan tubuh atau antibodi seseorang dari risiko kesakitan maupun kematian. Oleh karena itu, Tjandra menegaskan bahwa secara kesehatan masyarakat dan juga untuk menentukan kebijakan maka information yang cukup luas tentang varian Delta di Indonesia perlu diketahui. Perpanjangan PPKM Mikro dilakukan karena adanya tren kenaikan kasus corona. Ia menjelaskan dari 30 provinsi yang memberlakukan kebijakan PPKM Mikro, sebanyak eleven provinsi mengalami kenaikan COVID-19.

Beberapa varian baru sudah muncul saat ini

Hingga saat ini, belum ditemukan bukti yang cukup untuk memastikan apakah COVID-19 varian Lambda lebih mudah menular atau lebih berat gejalanya dibandingkan varian lain tersebut. Namun, laporan kasus sejauh ini menunjukkan bahwa tingkat penularannya tidak berbeda jauh dengan virus Corona jenis pertama. Meski jenis mutasinya berbeda dengan varian lainnya, virus Corona varian Gamma diketahui dapat menimbulkan gejala yang mirip dengan varian lain, seperti varian Beta. Tidak mengherankan bahwa varian baru akan menyebabkan gejala yang agak berbeda karena varian baru ini memiliki perubahan pada kode genetiknya sehingga menghasilkan protein yang berbeda pula. Hingga saat ini, beberapa varian baru virus Corona sudah mulai mendominasi berbagai negara. Varian tersebut yaitu varian Alpha, Beta, Gamma, P1, hingga Delta yang disebut sangat mendominasi di dunia.

Relawan menunggu untuk diperiksa di fasilitas uji coba vaksin yang ditetapkan di Rumah Sakit Chris Sani Baragwanath di Soweto di luar Johannesburg, Afrika Selatan, Senin 30 November 2020. Lebih dari 2000 relawan Afrika Selatan mengikuti uji coba vaksin virus corona eksperimental AstraZeneca. Kendati demikian, para ilmuwan mengatakan dengan yakin bahwa sistem kekebalan kita masih dapat menangani varian yang bermunculan saat ini, terutama B.1.1.7. Menurut laporan Public Health England , penularan itu tiga kali lebih menular dibandingkan varian pertama virus penyebab Covid-19.

Mengingat COVID-19 varian Delta kian banyak terlaporkan di Indonesia, Anda perlu tetap waspada. Untuk mencegah penyebaran COVID-19 varian Delta atau jenis lainnya, terapkanlah protokol kesehatan yang berlaku dan menghindari kerumunan. Varian virus Corona baru ini juga lebih mudah menginfeksi anak-anak, remaja, dan orang dewasa di bawah usia 50 tahun. Orang dengan kelainan sistem imun dan orang-orang yang belum mendapatkan vaksin COVID-19 juga berisiko tinggi terinfeksi COVID-19 varian Delta. Oleh sebab itu, kita semua perlu lebih keras untuk mencegah penyebaran dengan terus menerapkan protokol kesehatan 5M sembari menunggu vaksinasi.

Dia menjelaskan, rekomendasi yang diberikan bersifat komprehensif serta diharapkan menjadi gerakan bersama dan serentak. ”Bukan hanya untuk pemerintah dan rumah sakit, tetapi juga kalangan umum ,” ujar dia. Agar proses distribusi berjalan dengan baik, Airlangga dengan tegas meminta kepada seluruh pihak rumah sakit untuk terus menginput information. Hal ini juga bertujuan untuk monitoring information harian atas ketersediaan oksigen.

“Ini karakternya sangat-sangat cepat dibandingkan varian-varian yang sebelumnya, itu bisa kecepatannya 60 persen bisa lebih cepat dibandingkan dengan yang varian-varian sebelumnya. PIKIRAN RAKYAT – Masyarakat di seluruh dunia saat ini masih berjibaku melawan keganasan virus corona (Covid-19). Di Sri Lanka dan Kamboja, varian Alfa (B.1.1.7) adalah yang paling dominan. Untuk sekarang, vaksin mRNA yang diproduksi oleh BioNtech/Pfizer dan Moderna masih menjadi senjata yang efektif untuk melawan varian virus tersebut. Merujuk knowledge Ikatan Dokter Anak Indonesia, angka infeksi Covid-19 pada anak usia 0-18 tahun meningkat seiring lonjakan kasus secara umum. Dua kasus di Inggris ditemukan lebih dari 14 hari setelah program vaksinasi dosis kedua.

Masyarakat diimbau untuk semakin ketat menerapkan protokol kesehatan 3M dan mengurangi mobilitas ke luar rumah apabila tidak mendesak. Hal terakhir yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah menjaga kesehatan fisik dan mental Kong Slot. Selama isolasi mandiri, pastikan kamu istirahat yang cukup, makan dan minum dengan teratur, serta berolahraga ringan setiap hari.