Menu Close

​vaksin Corona Tiba Di Indonesia, Ini Four Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Sinovac

Selain pada tahap penyiapan inang, zat mengandung babi juga dipakai pada penyiapan bibit vaksin rekombinan. Hoaks kedua adalah mengenai kehalalan vaksin covid-19, karena mengandung sel monyet hijau afrika dan gelatin babi. Hal ini juga berbahaya karena akan membuat masyarakat takut untuk disuntik vaksin, karena mengiranya haram. Padahal MUI sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin Sinovac halal, karena pada proses pembuatannya tidak mengandung gelatin babi atau sel monyet. Sedang, MUI Jatim dan PWNU Jatim berpegang pada hasil akhir dari pembuatan vaksin bukan pada prosesnya. Ini sesuai ketentuan fiqh, nahnu nahkumu bid dlawahir wa Allah yatawalla bis sara-ir.

Vaksin Sinovac babi

Liputan6.com, Jakarta – Perusahaan farmasi AstraZeneca menyatakan bahwa vaksin COVID-19 yang mereka kembangkan tidak bersentuhan dengan produk turunan babi atau produk hewani lainnya. Menteri yang biasa disapa Gus Yaqut ini juga memastikan vaksin Sinovac tidak memanfaatkan bagian tubuh manusia. Terlebih, ia melanjutkan, fasilitas produksi juga suci dan hanya digunakan untuk produk vaksin Covid-19.

Untuk aspek keamanan dalam uji klinis, pantauannya, baik, aspek mutu dari vaksin Sinovac, juga baik. Terkait dengan vaksin sendiri, fiqih klasik mengenal apa yang disebut dengan istihâlah, yaitu perubahan hukum suatu hal ke hal lain. Dalam kitab standar mazhab Hanafi, Radd Al-Mukhtâr ‘alâ Al-Durr Al-Mukhtâr, disebutkan contoh ekstrem dari aplikasi istihâlah. Menurut Ibn Abidin, jika babi tenggelam di laut dan setelah itu tubuhnya hancur, kemudian berubah menjadi garam maka garamnya halal. Meski vaksin Sinopharm mengandung enzim babi di dalam komponen pembuatannya, Majelis Ulama Indonesia akhirnya memperbolehkan vaksin ini digunakan. Kehalalan vaksin itu tertuang dalam fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2021 tertanggal 11 Januari 2021 tentang produk vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Science China dan PT Bio Farma.

JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak semua umat beragama untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19. Yaqut mengimbau seluruh masyarakat Indonesia agar tidak ragu menerima vaksin. Pertama, jika tidak ada obat selain vaksin maka umat Muslim bisa menggunakan vaksin Covid-19 selama tidak memberikan dampak negatif untuk tubuh. Kedua, jika nanti terbukti memiliki dampak yang buruk terhadap kondisi kesehatan masyarakat, umat Muslim berhak menolaknya. Sebanyak 15 juta dosis vaksin covid-19 dalam bentuk bahan baku curah buatan perusahaan China, Sinovac, telah diterima oleh pemerintah Indonesia pada Selasa, 12 Januari 2021. Vaksin asal Tiongkok ini tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 12.20 WIB dengan menggunakan pesawat dari maskapai Garuda Indonesia.

“Maka industri vaksin beralih ke tripsin rekombinan di mana produksinya menggunakan sel kapang atau bakteri sehingga mudah untuk dikontrol tingkat kemurnian. Nah trypsin seperti ini yang digunakan,” jelas Ahmad. Belum ada vaksin malaria yang diizinkan untuk digunakan, meski gagasan untuk mengendalikan malaria melalui vaksinasi sudah ada sejak lama. Namun, belajar dari rumah yang tidak efektif selama pandemi bisa hapus peluang mendapatkan manfaat bonus demografi tersebut. Jika UU PDP Indonesia mengikuti standar internasional, warga akan merasa lebih aman dan memiliki otoritas saat berinternet. Layanan Wi-Fi free of charge mendorong warga lebih sering berinteraksi dengan pengumpul data digital di web. Namun, Kamar Dagang dan Industri yang menggelar program Vaksinasi Gotong Royong menegaskan bahwa biaya tersebut akan ditanggung oleh para perusahaan dan bukan pekerja.

“Semua instansi terkait pasti melakukan pengecekan, diskusi dengan para ahli, pakar, dan akhirnya apapun yang diputuskan itulah yang terbaik. Tugas kami tinggal melaksanakan vaksinasi di wilayah Jakarta,” kata dia.

Selain itu, rumor tersebut menyebutkan bahwa vaksinasi merupakan bagian dari sindikat perdagangan gelap internasional yang arahnya belum jelas. Selain itu, kata Muhaimin, dalam kontroversi penggunaan Astrazeneca terdapat dua perbedaan pendapat, yakni halal dan haram. Mikroba ditumbuhkan pada media yang terbuat dari bahan nabati, bahan kimia, dan bahan mineral.

Kumpulan vaksin itu tidak akan digunakan untuk sementara sampai pengujian toksisitas dan sterilitas oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan selesai menyusul adanya dua kematian di Jakarta yang diduga terkait vaksin tersebut. ”Kami masih menunggu petunjuk selanjutnya dari Kementerian Kesehatan,” kata Steaven. Dijadwalkan, Presiden Joko Widodo akan menjadi orang pertama di Indonesia yang divaksin dan sekaligus menandai dimulainya vaksinasi COVID-19. “Kedua, sebagaimana diktum pertama, vaksin Sinovac boleh digunakan untuk umat Islam sepanjang terjamin keamanannya menurut ahli,” tambahnya.

Untuk enzim tripsin yang seringkali menggunakan babi dan atau turunannya, dalam vaksin Covid-19 produk sinovac, enzim tripsin yang digunakan merupakan enzim mikrobial. Hasilnya, lanjut dia, ada tiga hal besar terkait bahan dan sumber bahan dari vaksin Sinovac ini, yakni penggunaan diploid cell untuk sel vero, yakni sel yang pada awalnya diisolasi dari ginjal Monyet Hijau Afrika. Seperti diketahui, pemerintah menargetkan program vaksinasi dilaksanakan pada Rabu, thirteen Januari 2021 dan Presiden Jokowi akan menjadi orang yang pertama disuntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengimbau agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan meskipun program vaksinasi akan segera dilaksanakan. Menag Yaqut juga memastikan bahwa proses pembuatan bahan baku vaksin menggunakan fasilitas yang suci dan hanya digunakan untuk vaksin Covid-19.