Menu Close

8 Rahasia Sukses Pengusaha Muda

Aktor yang ikut terlibat di Malam Minggu Miko The Movie itu bersyukur atas pencapaiannya dalam usaha merintis bisnisnya. Sejak vakum lama, Pemain movie Marmut Merah Jambu itu fokus menjadi pengusaha membesarkan bisnisnya. Pemasaran yang baik akan meningkatkan persentase untuk terjadi penjualan yang akan meningkatkan keuntungan dalam bisnis atau usaha yang Anda jalankan. Akan sangat susah untuk bisa menjadi pengusaha sukses jika Anda tidak mengerti bagaimana cara menjalankan strategi berbisnis yang baik dan benar.

Masih sangat muda, jebolan Academy of Art, San Francisco, Amerika Serikat ini mencuri perhatian sebagai milenial yang sukses dan penuh karya. Sejak usia 15 tahun, dia sudah memulai bisnis keci kecilan menjadi EO atau Event Organizer bersama dengan temannya. Berkali-kali proposalnya di tolak, gadis berusia 24 tahun ini gak pernah patah semangat. Semasa kuliah pun ia menghadapi hidup cukup keras di Jayapura.

Ambisi pribadi yang beragam jadi api yang membakar semangat dalam diri untuk terus berjuang. Ada yang ingin punya hidup tenang tanpa harus khawatir akan keuangan, atau mungkin ada yang bermimpi untuk memiliki usaha menguntungkan yang bertahan turun temurun dalam keluarga. Ada yang merasa berhasil ketika melakukan pekerjaan yang disukainya, ada juga yang berusaha semampunya untuk memberikan usaha terbaik dalam hal yang dikerjakan. Ketika beragam cita-cita pribadi mampu terwujud, kita menyatakan diri kita sukses dan berhasil. Ilmu hukum, sama halnya dengan jurusan kedokteran, adaah salah satu bidang ilmu yang dianggap memiliki status yang tinggi.

Tak ada yang tak mungkin, jika kamu benar-benar bisa serius untuk menjalaninya. Bukan sekadar karier gemilang, kesuksesan juga bisa diraih dengan berwirausaha. Bahkan, beberapa anak muda yang sudah sukses memiliki jabatan penting di perusahaan besar pun memilih keluar menjadi pengusaha. Dalam pemaparannya, Hamzah mengatakan bahwa pencapaian menjadi seorang pengusaha dengan omzet milyaran rupiah yang kini telah diraihnya tersebut tidak terlepas dari perjuangan masa lalunya. Hamzah mengaku, dalam memulai bisnisnya pernah beberapa kali gagal hingga sempat putus asa.

Sehingga mindsetnya sang anak harus dikatakan sukses bila menjadi ASN atau pejabat negara. Namun, seiring perkembangan dunia usaha mindset tersebut perlahan berubah seiring dengan banyaknya pengusaha sukses. “Kalau nanti yang lebih sejahtera itu orang swasta, pengusaha, maka mindsetmuaakan berubah.

Salah satu cara untuk mengajarkan nilai uang kepada anak adalah mendidik anak untuk mengeluarkan uang dengan bijak. Jika dirasa ada pengeluaran yang tidak perlu, maka lebih baik tidak usah dibeli. Ajari kepada anak bahwa mencari uang itu susah, maka haruslah menggunakan uang dengan bijak. Namun jangan sampai anak malah salah persepsi dengan mendewakan uang, bahkan menjadikan uang sebagai tujuan hidupnya. Sudah bukan rahasia lagi jika anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha adalah niat yang kuat untuk membangun sebuah usaha. Niat menjadi hal pokok dalam emmbangun usaha karena dari niat ini lah seorang wiraushawan akan mampu bertahan diatas segala rintangan. Niat untuk terus berkembang juga akan menjadi faktor penentu dalam kemajuan dalam berusaha nantinya. Entrepreneur mendapat keuntungan dari uang, sendangkan social entrepreneur mendapat keuntungan dari tercapainya kesejahteraan sosial dari bisnis yang dibuat.

Cara menjadi pengusaha muda

Anak muda pasti masih berusaha mencari jati diri, sehingga tak heran bila mereka masih suka mengikuti tren apa yang ada saat itu. Rasa ingin tahu dan ingin mencoba-coba yang baru tentu masih sangat tinggi dalam diri mereka. Jika cita-cita kebanyakan orang jaman dulu menjadi pegawai negeri, jaman now orang berlomba-lomba untuk menjadi pengusaha di usia muda.

Sebagai calon pengusaha muda, kamu harus menjadi orang yang proaktif dengan mencoba merealisasikan ide yang ada. Saat peluang kecil kamu harus mencari dan membuat peluang yang baru. Berpikir proaktif akan memberi kamu kendali penuh pada aksi untuk mencapai kesuksesan. Jika Anda belum menemukan mentor bisnis pribadi Anda, berikut adalah 21 ideas untuk pengusaha muda atau calon untuk membantu Anda memulai usaha.