Menu Close

Apakah Indonesia Jadi Negara Yang Gagal Menangani Covid

Peneliti Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial Herlambang Wiratraman membeberkan tiga fakta yang membuktikan pemerintah gagal melindungi rakyat dari lonjakan COVID-19. Karenanya, Irma mendesak pemerintah untuk meminta maaf kepada masyarakat karena mengatasi pandemi COVID-19 dengan tidak tepat. Habiburokhman meminta semua pihak membuka diri terhadap masukan dari berbagai pihak. Anggota Komisi III DPR RI itu menyebut negara yang gagal mengatasi pandemi Corona bisa punah. Waketum PPP Arsul Sani meyakini kekhawatiran Ibas soal Indonesia menjadi failed nation dalam penanganan pandemi COVID-19 tidak akan terjadi.

Bank Indonesia dituntut untuk mampu menetapkan kebijakan moneter secara tepat dan berimbang. Hal ini mengingat gangguan stabilitas moneter memiliki dampak langsung terhadap berbagai aspek ekonomi. Kebijakan moneter melalui penerapan suku bunga yang terlalu ketat, akan cenderung bersifat mematikan kegiatan ekonomi. Oleh karena itu, untuk menciptakan stabilitas moneter, Bank Indonesia telah menerapkan suatu kebijakan yang disebut inflation concentrating on framework. Karena itu, kebijakan yang diambil di setiap kabupaten/kota dalam mengelola penduduk menghadapi bonus demografi nasional itu bisa beragam, tergantung kondisi masing-masing daerah.

Masdalina mencontohkan Singapura, Amerika Serikat dan Inggris melarang warga dari India datang ke negara mereka. Bahkan Amerika menutup pintu masuk negaranya dari enam negara di Asia Selatan. Menurut Nur, kalau sedari awal pemerintah bisa melakukan upaya yang rasional dan logis sesuai dengan ilmu pengetahuan, mungkin dampaknya tidak akan sebegitu parah seperti sekarang ini. Pengacara kondang pun menulis dalam akun media sosialnya yang juga penasaran dengan Rp 2 triliun tersebut. Salman mengaku bahwa dagangannya selalu ludes dibeli oleh warga yang tengah menunggu vaksinasi. Program vaksinasi merdeka ini khusus untuk warga Jakarta yang khususnya sedang mencari slot vaksinasi Covid-19.

Indonesia gagal dalam menangani Covid

Penyaluran bantuan saat penerapan PSBB juga tidak efektif dan menimbulkan kegaduhan. Bahkan sebagian masyarakat yang terdampak tidak merasakan bantuan yang diberikan pemerintah. Putra Presiden Republik Indonesia, Gibran Rakabuming dan menantu presiden Bobby Nasution dipastikan akan maju pada perhelatan Pilkada mendatang, masing-masing di Solo dan Medan.

Ia menilai bahwa akibat dari penganggaran yang tidak memenuhi prinsip berbasis kinerja menyebabkan ekonomi Indonesia jatuh. Pertumbuhan minus ini juga masih akan terjadi di Kuartal III dan IV 2020 dan akan menyebabkan resesi ekonomi.”, Apabila semua goal tidak bisa dicapai dengan anggaran yang besar dan Situs Bola Online sudah disiapkan berarti Pemerintah gagal mengemban amanah Rakyat. PPKM mikro merupakan langkah teranyar Pemprov DKI untuk mengatasi penyebaran Covid-19 di Ibu Kota. Sebelumnya, Pemprov DKI juga ikut serta dalam program pembatasan sosial berskala besar dan PPKM Jawa dan Bali yang diinisiasi pemerintah pusat.