Menu Close

Bor Di Rsud Pati Jateng Sudah Penuh, 153 Nakes Terkena Corona

Firdaus lantas memperlihatkan realitas disaat banyaknya nakes Puskemas yang tidak bisa membantu warga karena sedang tumbang. Ketika kasus Covid-19 terus bertambah banyak, beban Puskemas juga ikut meningkat. Namun, Siti Nadia mengatakan vaksin Sinovac mampu memberikan perlindungan terhadap varian virus baru. “Fenomena itu cukup sering terjadi akhir-akhir ini, tidak hanya di masyarakat, tetapi juga petugas kesehatan,” katanya. Seorang pasien berbaring di bangku mengantre untuk mendapat perawatan di ruang gawat darurat di RSUD Dr. Loekmono Hadi di tengah pandemi COVID-19 di Kudus, Jawa Tengah, 2 Juni 2021. Menteri Budi Gunadi Sadikin, didampingi oleh Panglima TNI dan Kapolri meninjau PPKM di sejumlah lokasi zona merah Covid-19 di Jakarta.

Nakes banyak yang terkena covid

Sebelumnya rombongan juga memeriksa persiapan Rusun Nagrak yang akan jadi tempat isolasi terpusat untuk pasien OTG. “Makanya kami mohon media juga ikut menyosialisasikan supaya masyarakat tidak takut dan ragu untuk divaksin. Kalau sudah vaksinasi pertama ya kemudian ikuti vaksinasi kedua supaya antibodi betul-betul terbentuk. Sehingga kalaupun terkena Covid-19 itu gejalanya ringan,” jelas Enny.

Ia pun mendorong Kementerian Kesehatan untuk menyelidiki kejadian tersebut. Sebab, sampai hari ini masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan suntikan vaksin pertama. Seseorang baru dapat dikatakan divaksinasi, setidaknya 2 minggu setelah dosis lengkap. Kami telah berbicara dengan ahli-ahli kesehatan di UNICEF untuk menjawab pertanyaan seputar proses vaksinasi dan beberapa kiat sebelum, saat, dan sesudah vaksinasi.

Dua perempuan asal Depok yakni seorang ibu dan putrinya dilaporkan positif COVID-19 setelah diduga tertular WNA asal Jepang. Harusnya kita sama-sama karena permasalahan ini tidak hanya masalah pemerintah tapi masalah kita bersama. Itu yang harus dibangun semua, juga memahami ini permasalahan kita, karena kitanya juga tidak aware prokes,” pungkasnya. Diketahui, saat ini bed occupancy price ICU di Kota Depok mencapai 101% dan untuk isolasi sekitar 88%. Dengan kondisi tersebut, Kota Depok saat ini kekurangan nakes untuk merawat pasien yang kini melonjak drastis sejak sepekan.

“Tenaga kesehatan mengalami tekanan yang luar biasa terutama di gelombang kedua dari penularan pandemi ini, sehingga kami ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin. Pemerintah telah mengimpor vaksin Moderna yang antara lain akan digunakan untuk booster para nakes atau vaksin dosis ketiga. Selain itu, IDI Casino Online juga mulai menyorot kematian lainnya dari 31 dokter yang meninggal setelah jalani vaksinasi selama lima bulan terakhir. Tidak hanya warga, banyaknya dokter yang tumbang akibat Covid-19 juga turut menjadi perbincangan. Akibat kejadian itu, Pemerintah Kota Bogor menutup sementara delapan fasilitas kesehatan yang tenaga kesehatannya belum pulih.

Direktur Utama RSUP Persahabatan, Rita Rogayah, mengatakan bahwa beberapa tenaga kesehatan di sana terpapar virus corona. Setelah ditelusuri, ternyata sumber paparannya bukan dari rumah sakit. Pemerintah Indonesia harus segera melakukan langkah efektif untuk mencegah penularan COVID-19 di rumah sakit dan fasilitas kesehatan, kata Amnesty International Indonesia hari ini. Amnesty International Indonesia mencatat setidaknya 181 tenaga Kesehatan Indonesia meninggal dunia akibat COVID-19 hingga awal September ini, dengan rincian 112 orang dokter dan sixty nine perawat.

Tahukah kamu bahwa pandemi Covid-19 telah membuat banyak rumah sakit kewalahan karena fasilitas dan sumber daya yang terbatas? Tidak heran ketika banyak rumah sakit telah mencapai kapasitasnya untuk menerima pasien-pasien Covid-19 dan non-Covid-19. Tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19 pun harus rela bertahan menggunakan Alat Pelindung Diri agar terhindar dari Covid-19. Dengan kehadiran vaksin dan semakin banyak orang yang divaksinasi, maka orang yang terinfeksi dan penyebarannya tentu akan berkurang.