Menu Close

Dewan Jatim Paparkan Keberhasilan Ppkm Darurat Dan Berharap Tidak Diperpanjang Lagi

Dihubungi terpisah, Direktur Riset Center of Reform on Economics Indonesia, Piter Abdullah pun sependapat. Jakarta, Batamnews – Sejumlah ekonom memperkirakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat akan kembali diperpanjang oleh pemerintah. Kebijakan PPKM pada degree 3-4 sendiri akan berakhir pada besok, 2 Agustus 2021. Direktur Center of Economic and Law Studies , Bhima Yudhistira memprediksi PPKM akan diperpanjang pemerintah namun dengan memberikan kelonggaran. Pada bidang transportasi, haruslah melakukan penguatan, pengendalian dan pengawasan terhadap perjalanan orang pada Posko examine level di perbatasan provinsi dan kabupaten/kota dengan melibatkan unsur Pemerintah Kabupaten/ Kota, TNI, POLRI. Selanjutnya, jika dalam keluarga guru, tenaga kependidikan dan/atau peserta didik ada yang positif Covid 19, guru, tenaga kependidikan dan/atau peserta didik tersebut tidak diperbolehkan masuk sekolah.

“Prediksinya PPKM akan berlanjut tapi pemerintah melakukan pelonggaran lagi atau turun ke degree three,” katanya. Sedangkan di luar Jawa-Bali, daerah-daerah menerapkan PPKM beragam dari level 2 hingga 4. Sementara bagi pelaku usaha, restoran, pusat perbelanjaan dan transportasi umum yang tidak melaksanakan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Ingub ini akan dikenakan sanksi administratif sampai dengan penutupan usaha sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan. Selanjutnya adalah pelarangan kerumuman lebih dari sepuluh orang, membatasi keluar masuk wilayah Gampong paling lama hingga pukul 22.00 malam dan meniadakan semua kegiatan sosial masyarakat di lingkungan Gampong yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan berpotensi menimbulkan penularan. BANDA ACEH– Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengeluarkan Instruksi Gubernur Aceh Nomor 14/INSTR/2021/ tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro dan mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat gampong, untuk pengendalian penyebaran covid-19. Instruksi gubernur itu dikeluarkan menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 tentang PPKM Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa.

Presiden Jokowi dalam telekonferensi pers di Jakarta, Selasa (20/7) memutuskan untuk memperpanjang PPKM Darurat Sampai 25 Juli . Mulanya, pemerintah memutuskan untuk melakukan PPKM Darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021. Sebagai informasi, Slot Online Terpercaya pemerintah menyiapkan skenario perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat hingga 4-6 minggu. Ini dibuat untuk mengantisipasi risiko lonjakan kasus Covid-19 yang masih tinggi, khususnya varian baru atau delta.

Lalu dengan bantuan sosial yang dilanjutkan dan dipercepat, seperti diskon listrik, dan juga kegiatan-kegiatan lain yang menopang sektor produktif. Kita akan memonitor dan mengevaluasi terus di masa sekarang, maupun setelah 20 Juli,” ujarnya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terus mengimbau seluruh warga untuk tetap berada di rumah serta menahan diri berpergian keluar kota terutama saat libur panjang akhir pekan. Keputusan ini juga seiring menghadapi libur panjang hari keagamaan Isra’ Mi’raj dan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Kamis (11/3) serta Ahad (14/3). Lebih lanjut, dampak dari pelaksanaan PPKM ini sangat terasa mengganggu perekonomian masyarakat.

Airlangga menjelaskan bahwa program PPKM dan PPKM mikro yang telah diterapkan oleh pemerintah sejak Januari dan Februari telah mulai berhasil mengendalikan laju penularan Covid-19 yang ditandai dengan penurunan rata-rata kasus aktif. Lebih lanjut Syafrizal menyebutkan, PPKM mikro masih perlu diperpanjang. “Untuk tempat ibadah untuk di daerah merah atau kecamatan yang merah itu juga beribadah dari rumah. Beribadah di tempat publik atau beribadah di tempat-tempat ibadah khusus di daerah merah itu ditutup dulu untuk dua minggu,” papar Airlangga. “Kegiatan belajar mengajar mengikuti apa yang sudah diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, namun untuk daerah merah, kecamatan yang daerah merah 100 persen daring. Jadi kecamatan yang merah secara online dua minggu,” tegasnya. Ditambahkan Airlangga, pada periode PPKM Mikro kali ini, juga telah memasuki masa libur sekolah.

Maka dari itu, Pandu menyarankan kepada pemerintah untuk melakukan evaluasi dari kebijakan PPKM Darurat ini dengan baik, agar kebijakan selanjutnya bisa efektif menurunkan kasus corona di Tanah Air. Luhut juga meminta, kalaupun terjadi pelonggaran, masyarakat dan semua elemen diminta untuk berhati-hati. Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi akan membuka PPKM Darurat bertahap mulai Senin, 26 Juli 2021.

PPKM di perpanjang kembali

PPKM Mikro akan kembali diperpanjang karena berakhir per Senin (5/4) besok. Perpanjangan ini pun akan diikuti dengan penambahan provinsi pelaksana yang bertambah 5 lagi. “Data yang saya terima untuk anggaran UMKM ada Rp13,three triliun untuk seluruh daerah, artinya 514 kabupaten/kota dan provinsi. Padahal kita saat ini butuh sekali, rakyat butuh sekali, rakyat menunggu, sehingga saya minta ini agar segera dikeluarkan,” jelasnya. Pemerintah masih belum akan melonggarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat yang dijadwalkan sampai 20 Juli 2021 karena akhir pandemi COVID-19 belum bisa diprediksi. Lebih lanjut ia menjelaskan selama periode PPKM Darurat di Jawa-Bali pada 3-20 Juli, tren kasus harian corona masih cenderung tinggi.

Kondisi pandemi COVID-19 yang memburuk di Indonesia, ujarnya terjadi karena pemerintah tidak melakukan pencegahan sejak dini di lapangan. Maka dari itu, penegakan protokol kesehatan di masyarakat sampai saat ini masih lemah, sehingga penularan terus terjadi. Pemerhati kesehatan Iskandar Sitorus memprediksi, jika PPKM Darurat bakal diperpanjang hingga kasus Covid-19 mulai melandai. Hal tersebut lantaran hingga saat ini, penambahan kasus positif harian Covid-19 baik di degree nasional maupun di daerah masih terus mengalami lonjakan. Selain itu, Anies juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

Karena pada saat ekonomi tidak jalan pun, kesehatan juga tidak bisa jalan. Begitu sebaliknya, ketika orang tidak sehat, maka tidak bisa menjalankan kegiatan ekonomi,” ujarnya. Lebih lanjut dikatakannya saat ini daya beli masyarakat sudah sangat berat. Dia berharap pada pemerintah dalam kondisi ini walaupun dilakukan PPKM yang berlanjut sampai 2 Agustus, agar sejumlah usaha segera dibuka dengan penerapan prokes yang sangat ketat. DENPASAR, BALIPOST.com – Perpanjangan PPKM Level four Jawa-Bali memukul pelaku usaha karena pembatasan yang cukup ketat masih diberlakukan. Para pengusaha di Bali pun berharap setelah berakhir pada 2 Agustus, tidak akan ada perpanjangan.

Kemudian Kebun Binatang Ragunan, three hutan kota, dan 25 taman hutan kota telah diizinkan untuk buka sejak Sabtu, 13 Maret 2021 lalu. Dia mengatakan, jika melihat arah kebijakan pemerintah yang mengutamakan penanggulangan pandemi, maka PPKM belum akan berakhir. Dia mengatakan, PPKM akan kembali diperpanjang pemerintah namun dengan memberikan kelonggaran.