Menu Close

Jangan Termakan Isu, Ini Fakta Penting Vaksin Covid

Sementara itu, untuk petugas pelayanan publik, sudah didaftarkan melalui institusi atau perusahaan tempat mereka bekerja. Kajian melibatkan lebih dari 128 ribu orang dengan usia di atas 18 tahun dan rata-rata dari partisipan yang diikutkan 60 persen perempuan dengan rata-rata berusia 30 tahun. Orang yang divaksinasi lengkap juga tidak perlu melakukan uji SARS-CoV-2 apabila terpapar atau tidak memiliki gejala, kecuali mereka adalah penghuni atau karyawan dari fasilitas lembaga pemasyarakatan atau tempat penampungan tunawisma.

Kabar baik bahwa Indonesia sudah banyak yang di vaksin

“Dari 105 juta ini, nantinya akan jadi eighty five juta vaksin jadi yang bisa kita pakai. Itu akan siap 1 bulan setelah sekarang,” kata Budi dalam siaran pers digital di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (30/6). Dengan vaksin yang terus berdatangan ini, Budi kian optimistis bahwa vaksinasi akan mencapai target di akhir tahun ini. Mengutip CNBC Internasional, pejabat teknis WHO untuk Covid-19 Maria Van Kerkhove, mengatakan varian delta sudah menyebar di ninety two negara. AS misalnya mencatat varian ini mendominasi 10% kasus baru sementara di Inggris 60%. Namun, menciptakan vaksin hanya dalam waktu satu setengah tahun sebenarnya terhitung sangat-sangat cepat, jika dibandingkan dengan waktu yang biasa dibutuhkan, yaitu tahun.

Selain itu, menurut Honesti, Bio Farma sudah menyiapkan fasilitas mulai dari pegembangan uji klinis sampai tahapan produksinya. Untuk proses produksi, jika kapasitas produksi Bio Farma tidak mencukupi, pihaknya akan bekerja sama dengan industri swasta. Dengan kata lain, vaksin sinovac sixty five,9 persen efektif mencegah COVID-19 bergejala. Liputan6.com, Jakarta Dokter dari Beli Free Spin Universitas Indonesia, Adam Prabata dalam unggahan terbarunya di Instagram (@adamprabata) menyampaikan bahwa vaksin Sinovac terbukti efektif mencegah COVID-19 bergejala hingga meninggal dunia dalam penelitian skala besar. Selanjutnya, uji coba akan dilanjutkan langsung ke tahap ketiga atau tahap akhir, dimana lebih banyak orang akan dilibatkan untuk mencoba efek dari vaksin ini.

Selain itu, juga meminimalkan penularan Covid-19 dengan dilaksanakan di ruang terbuka. KOMISARIS Bank Central Asia , Cyrillus Harinowo mengisi kuliah tamu dengan tema “Perekonomian Indonesia dalam Perspektif Global”, Kamis (20/11). Kuliah Tamu itu diikuti Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang . Diselenggarakannya kuliah tamu tersebut diharapkan bisa menjadi sumber informasi bagi mahasiswa agar bisa membaca perekonomian international.

Namun untuk vaksin corona, tahap ini tidak dilakukan karena harus menghemat waktu. Sehingga, kandidat vaksin yang ada langsung melakukan uji coba klinis pada manusia. Menurut laporan yang dikeluarkan tanggal 20 Juli 2020, vaksin ini telah sukses melewati uji coba klinis tahap I dan II.

Sebanyak 1,2 juta vaksin yang didatangkan dari Tiongkok telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang malam ini, Minggu 6 Desember 2020. Selain dari Sinovac, Indonesia juga mendapatkan vaksin dari Sinopharm perusahaan farmasi asal China. Perusahaan farmasi asal Indonesia, Kimia Farma, akan bekerja sama dengan Group 42 asal Uni Emirat Arab untuk memastikan produksi vaksin tersebut. Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid menyatakan keluarnya izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization dari Badan Pengawas Obat dan Makanan dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia merupakan kabar baik bagi masyarakat Indonesia.