Menu Close

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Sementara dari aspek partisipasi publik, OBS tidak menemukan adanya konsultasi publik yang dilakukan pemerintah dalam merencanakan dan mengevaluasi program penanganan Covid-19 dan PEN. Misbah mengatakan, OBS tidak menemukan informasi bagaimana lembaga legislatif melakukan pengawasan terhadap APBN, termasuk anggaran pemulihan ekonomi nasional. Ia pun menyayangkan pemerintah pusat yang masih percaya diri dengan PPKM Mikro akan menekan laju lonjakan angka Covid-19. Namun, sejak kebijakan tersebut diterapkannya, grafik kasus Covid-19 sama sekali tidak membaik. Pemerintah tidak tegas dan tidak terukur dalam penanganan Covid-19, penerapan PSBB dan juga New Normal merupakan kebijakan yang harus dievaluasi secara terperinci pelaksanaannya, sehingga evaluasi tersebut bisa menjadi acuan pemerintah dalam menangani Pandemi Covid-19.

Pemantauan indikator microprudential dilakukan terhadap kondisi mikro institusi keuangan dalam sistem keuangan. Melalui pemantauan ini dapat diketahui potensi risiko likuiditas, risiko pasar, risiko kredit dan rentabilitas institusi keuangan, yang dimaksudkan untuk mengukur ketahanan sistem keuangan. Bandar Slot Online Pemantauan indikator makroekonomi juga perlu dilakukan terhadap kondisi makroekonomi domestik maupun internasional yang berdampak signifikan terhadap stabilitas keuangan. Berdasarkan hasil pemantauan tersebut, selanjutnya dilakukan analisis guna memprediksi kondisi stabilitas sistem keuangan.

Indonesia gagal dalam menangani Covid

Akta perdamaian adalah akta yang memuat isi kesepakatan perdamaian dan putusan hakim yang menguatkan kesepakatan perdamaian tersebut yang tidak tunduk pada upaya hukum biasa maupun luar biasa. Indonesia awalnya berencana membeli 5 jenis vaksin COVID-19 yakni Pfizer, Sinovac, Sinopharm, Moderna, dan AstraZeneca. Namun, Terawan tidak mau menandatangani kontrak dengan sejumlah produsen vaksin. Akibatnya, Indonesia gagal bekerja sama dan mendapatkan vaksin Sinopharm dan AstraZeneca. Epidemiolog dari Universitas Airlangga Laura Navika Yamani mengatakan, kebijakan paling perfect ialah lockdown secara menyeluruh. Di sisi lain, Kementerian Kesehatan perlu memacu penguatan testing , tracing , dan remedy .

Sebagai otoritas moneter, perbankan dan sistem pembayaran, tugas utama Bank Indonesia tidak saja menjaga stabilitas moneter, namun juga stabilitas sistem keuangan . Keberhasilan Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas moneter tanpa diikuti oleh stabilitas sistem keuangan, tidak akan banyak artinya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Stabilitas moneter dan stabilitas keuangan ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Kebijakan moneter memiliki dampak yang signifikan terhadap stabilitas keuangan begitu pula sebaliknya, stabilitas keuangan merupakan pilar yang mendasari efektivitas kebijakan moneter. Sistem keuangan merupakan salah satu alur transmisi kebijakan moneter, sehingga bila terjadi ketidakstabilan sistem keuangan maka transmisi kebijakan moneter tidak dapat berjalan secara regular. Sebaliknya, ketidakstabilan moneter secara fundamental akan mempengaruhi stabilitas sistem keuangan akibat tidak efektifnya fungsi sistem keuangan.

Jumlah pasien meninggal dan kasus positif secara fluktuatif terus bertambah. Belum lagi, dampak ekonomi semakin menghantui masyarakat Indonesia yang telah rentan terhadap “kejutan” dan ketidakpastian ekonomi. Jakarta (30/07) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak akan memastikan pengasuhan anak yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19 dapat tetap terjamin. Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin menyampaikan berbagai praktik terbaik yang dilakukan Kabupaten Bantaeng dalam menurunkan angka stunting, mengingat Bantaeng merupakan Kabupaten yang memiliki angka stunting terendah di Provinsi Sulawesi Selatan yaitu 21% . Ilham bersama jajarannya telah melakukan upaya percepatan penanganan stunting melalui dukungan regulasi/kebijakan dan inovasi pelayanan publik pendukung.