Menu Close

Kuta Dan Pariwisata Bali Yang Mati Suri

Bola.com, Jakarta – Made Raka merupakan satu di antara pengusaha pariwisata di Gianyar, Bali. Raka menawarkan berbagai aktivitas bagi para wisatawan yang mengunjungi Pulau Dewata, mulai dari ATV, tubing, hingga menyewakan villa balon. Pemerintah Bali resmi menunda pembukaan destinasi pariwisata untuk wisatawan mancanegara .

“Work From Bali mudah-mudahan dapat menarik para profesional di sektor pemerintahan maupun dunia usaha, untuk memastikan peningkatan tingkat kunjungan hotel,” Agen PAY4D kata Sandi. Alhasil, pariwisata Bali pun berjuang untuk hidup sepanjang tahun 2020 lalu. Bali yang tadinya bergantung dari turis asing, mulai beralih ke turis domestik.

Bali kembali sepi

Pemerintah, ujarnya, juga akan terus meningkatkan tiga T, yakni testing, tracing dan remedy. Selain buka kembali, tak sedikit pelaku pariwisata Bali yang juga menerapkan protokol kesehatan. Jumlah turis domestik memang meningkat, tapi Bali disebut masih sepi.

Berdasarkan data Worldometers, Singapura telah memiliki 1.114 kasus positif corona, dengan kasus aktif sebanyak 843 kasus. Peningkatan kunjungan wisatawan ini, kata Tjokorda, memang masih jauh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019, sebelum virus corona mewabah. Kala itu, kunjungan wisatawan domestik yang datang dari Bandara Ngurah Rai bisa mencapai ribu orang per hari. Peningkatan kasus positif virus corona pun masih terjadi di tanah air. Maka dari itu, ia mengimbau semua pihak untuk terus menerapkan protokol kesehatan, apalagi ia melihat tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkannya sudah mulai menurun.

Meskipun sepi wisatawan, ia tidak menutup operasional hotel dan restoran agar karyawan tetap bekerja. Penurunan aktivitas pariwisata di Bali tentu berdampak terhadap ratusan ribu orang pekerja di sektor lodge atau restoran serta jasa kepariwisataan lainnya. JESSICA Iskandar mengaku prihatin melihat kondisi pariwisata Bali yang sepi dari kunjungan wisatawan.

Jokowi mengatakan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tidak akan cukup untuk menutupi kebutuhan pemulihan ekonomi di tanah air. Menurutnya, investasi dapat menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi tersebut. Dalam kesempatan ini, Jokowi mengatakan program vaksinasi massal Covid-19 akan mulai dilaksanakan pada minggu depan. Jokowi rencananya akan menjadi orang pertama yang akan disuntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac dari China pada thirteen Januari.