Menu Close

Mengenal Sindrom Kecemasan Terkait Covid

Khususnya pada penyintas COVID-19, pemahaman dan kepekaan mengenai kondisi kejiwaan diri sangatlah diperlukan. Selain itu, hendaknya para tenaga kesehatan juga semakin proaktif dalam mencegah dan menyikapi masalah kejiwaan yang dapat muncul pada para pasien dan penyintas COVID-19. Tetap tenang, jaga kesehatan, dan pilih informasi yang akurat untuk menjaga kesehatan psychological di tengah pandemi virus corona. Melakukan aktivitas mind-body dapat memberikan tubuh waktu untuk relaksasi.

Namun, bagi orang yang merasakan gejala tersebut berlangsung lebih dari satu bulan, dan sampai memengaruhi hubungan pribadi dan pekerjaan, bisa jadi stres mulai memengaruhi kesehatan psychological. Menurut profesor epidemiologi psikiatrik di Harvard TH Chan School of Public Health, Karestan Koenen, Ph.D, stres menghadapi pandemi dalam jangka panjang juga dapat memicu gangguan stres pascatrauma . Sebab, tidur lebih dari 8 jam pada suatu waktu dapat menyebabkan sakit kepala. Memang untuk bertahan tetap sehat, adalah sebuah perjalanan yang nggak mudah.

Sedangkan gangguan fisik mencakup tubuh yang mudah lelah, kerap berkeringat, atau jantung kerap berdebar-debar. Gangguan perilaku yang umumnya muncul adalah gangguan tidur, gangguan makan, dan sulit berkonsentrasi. Berikutnya, yang juga penting untuk menghilangkan rasa stress akibat pandemi adalah mengurangi pengaruh negatif yang datang dari luar.

Bisnis.com, JAKARTA – Mengelola stres merupakan salah satu cara untuk menjaga daya tahan atau imunitas tubuh. Dengan imunitas yang terjaga, infeksi virus Corona jenis baru penyebab Covid-19 bisa dihindari. Ia lalu memberikan tips menghindari cemas terhadap pemberitaan Covid-19 termasuk mengelola stres dan kecemasan individu.

Berita covid dapat memicu stress

Sejatinya pengaruh musik pada otak dan tubuh telah menjadi bidang penelitian yang terus berkembang selama beberapa dekade. Sudah lama terbukti bahwa musik dapat memicu perasaan bahagia, dan temuan itu sudah digunakan dalam berbagai bentuk terapi. Lebih jauh Sonia mengatakan, untuk menghindari stres caranya dengan selalu berpikir positif dan iklhas, serta melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat gembira. Sonia mengungakapkan, insulin merupakan hormon yang diproduksi pankreas untuk mengatur atau menurunkan kadar glukosa dalam darah, dengan cara membantu glukosa masuk dalam sel yang membutuhkan glukosa untuk hidup. Selama ini, aktivitas kamu di pagi hari dimulai dengan bangun, lalu tergesa-gesa menyiapkan diri sendiri dan pasangan sebelum bekerja, menyiapkan anak-anak ke sebelum berangkat ke sekolah, baru kemudian berangkat ke kantor.

Hentikan kebiasaanmu merokok sekarang juga untuk mengurangi potensi infeksivirus corona. Karena merokok bisa menyebabkan infeksi paru-paru seperti bronkhitis dan pneumonia. Kurangi waktu yang Anda habiskan untuk menonton atau mendengarkan berita yang membuat Anda khawatir. Hal ini termasuk juga untuk mengurangi membaca berita yang membuat Anda merasa cemas yang ada di media sosial maupun internet. Merasa sedih, stres, bingung, takut atau marah selama krisis adalah hal yang wajar.

Anda mungkin khawatir tentang keamanan seluruh anggota keluarga Anda dan ini membuat Anda kalut. Pastikan Anda selalu memberikan kabar dan mendapatkan kabar mereka sebaliknya. Hindari merokok dan konsumsi alkohol untuk menjaga emosi Anda stabil. Gejala perilaku seperti tidak mau makan, menghindari tanggung jawab, serta menunjukkan sikap gugup seperti menggigit kuku atau berjalan bolak-balik, merokok, hingga mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Dengan menciptakan area Slot Gacor terpisah untuk bekerja dan bersantai, kamu tidak hanya menciptakan pemisahan fisik tetapi juga pemisahan psychological dari keduanya. Mark Loewen, seorang terapis dan pendiri LaunchPad Counseling, mengatakan bahwa kekacauan memberi pikiran kita lebih banyak informasi visible untuk diproses.

Cara mencegah stres saat melakukan karantina di rumah berikutnya, yaitu dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Nutrisi yang baik juga dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya masalah kesehatan lainnya, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Tetap melakukan aktivitas selama menjalani karantina juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga berat badan tetap best, dan mengurangi risiko stres. Dengan tetap melakukan olahraga ringan selama karantina, maka dapat mengurangi risiko depresi dan menjaga mood tetap baik. Salah satu cara mencegah stres selama menjalani karantina mandiri di rumah adalah tetap melakukan kegiatan fisik atau olahraga.

Adib mengatakan mengelola stres dapat dilakukan dengan meluangkan waktu untuk melakukan perawatan diri dan kegemaran seperti membaca buku. Kementerian Kesehatan mengimbau seluruh tenaga kesehatan cermat memilih dan menggunakan alat pelindung diri agar sesuai dengan tingkat risikonya. Teman atau keluarga Anda mungkin perlu bantuan jika mereka sering mengkritik atau menyalahkan diri sendiri. Ketika parah, seseorang mungkin mengungkapkan perasaan untuk menyakiti atau bunuh diri. Perasaan ini bisa berarti orang itu bunuh diri dan bantuan mendesak diperlukan.