Menu Close

Sunyi Di Kertha Gosa, Wajah Bali Kuno Yang Sepi Turis

Warga yang memiliki rumah kost dan masih ada yang menempati juga tidak bisa maksimal menarik uang sewa. Mereka yang biasa menggantungkan hidup di sektor pariwisata pun harus banting setir mencari pekerjaan lain. Seperti Ni Putu Ayu yang kini berjualan kopi, nasi serta makanan lainnya demi menghidupi keluarga.

Bali kembali sepi

Kondisi lesu pariwisata di Pulau Dewata menurutnya pernah terjadi saat ledakan bom Bali pada 2002 dan letusan Gunung Agung pada 2017. Menyusul peristiwa bom Bali yang menelan ratusan korban jiwa, kunjungan turis sempat jatuh hingga 800 orang per hari. Pemerintah juga menggerakkan masyarakat adat untuk mengawal pembukaan kembali berbagai destinasi wisata.

Dilihat dari lapangan dan wawancara dengan sejumlah petani di dua pulau sentra rumput laut, Lembongan dan Nusa Penida, diperkirakan jumlah produksi rumput laut kembali melambung. Tiap warga diizinkan memanfaatkan pantai paling banyak 20 are untuk budidaya. Restoran yang dikelolanya tidak bisa mengandalkan pasar turis domestik. Timnya berharap ada grup tamu agar para pekerja terutama anak muda yang masih kesulitan berladang di laut bisa mendapat upah. Dengan adanya rumput laut, masyarakat sangat terbantu, termasuk juga saya.

Kondisi pariwisata yang terkena imbas pandemi covid 19 di kawasan Kuta kini ditunjukan dalam sebuah garapan visual seorang videografer dan musisi Bali. [newline]Kreasi ini diciptakan sebagai refleksi dari kesulitan masyarakat Pulau Dewata yang selama ini sangat mengandalkan sektor pariwisata sebagai mata pencahariannya. Guna menghidupkan kembali bisnis paiwisata Bali, pemerintah memang berencana untuk membuka destinasi pariwisata secara bertahap. Terkait dengan rencana pembukaan kembali destinasi pariwisata itu, Pemerintah Provinsi Bali menetapkan tiga kawasan zona hijau, yakni, Sanur, Ubud dan Nusa Dua. “Kami tentunya berharap cakupan green zone bisa diperluas, sehingga membuka kesempatan bagi para pekerja untuk beraktivitas kembali,” ujar Putra, seorang karyawan hotel di Kuta, Bali. Pantai Kuta dan sekitarnya merupakan salah satu destinasi wisata favorit, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Pandemi Covid-19 tidak membuat kinerja BPR Lestari Group terhenti.

“Upaya ini kami lakukan sambil melihat perkembangan harga lebih lanjut. Artinya, jika harga sudah mulai membaik kemungkinan mencoba berusaha kembali. Itu pun jika pabrikan menghendaki, karena harga ayam dikendalikan oleh pihak pabrikan,” kilahnya. Peternak ayam mandiri di Desa Tunjuk, Tabanan, I Wayan Sukasana, mengungkapkan harga ayam broiler di tingkat peternak mandiri sudah makin hancur sekarang.

Awalnya saat virus muncul di Wuhan, China, hanya turis China yang hilang, tapi sekarang setelah pandemi semua turis tunggang-langgang dari Bali. “Sudah 2 bulan blas gak ada tamu, terpaksa memancing dan menjala ikan di Waduk Muara dekat Sanur,” ujar Boy. Dari sebanyak 6,three juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali, 1,185 juta di anataranya adalah wisatawan dari Tiongkok. Slot Game Online Putu Astawa menekankan pengurangan hanya terjadi di angka 1 jutaan tersebut, namun untuk angka yang lain masih relative aman. Terjadinya penyebaran novel Corona Virus di Tiongkok selama sebulan belakangan ini memang telah meresahkan dunia, begitu juga Indonesia terutama Bali. Berbagai upaya preventif untuk menangkal masuknya virus tersebut masuk Bali telah dilakukan.