Menu Close

Tokyo Mencatatkan Rekor Kasus Covid

“Secara historis, negara-negara yang menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade melihat indeks REIT mereka naik selama 2 tahun mulai dari tahun mereka menjadi tuan rumah pertandingan,” tulis Kinouchi. Peluncuran vaksin di negara itu, yang awalnya lambat dan telah membebani saham Jepang selama berbulan-bulan, kini mendapatkan momentum, memberikan harapan bagi mereka yang ingin melihat Olimpiade yang tidak populer untuk publik itu terus berlanjut. Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengirimkan 5.000 paket bantuan sembako untuk masyarakat Sorong, Papua Barat, Sabtu (31/7). Bantuan dikirim langsung tim Kepresidenan dan diserahkan ke Polres Kota Sorong untuk selanjutnya dibagikan ke warga setempat. “Penetapan ini merupakan upaya mencegah meluasnya pandemi Covid-19,” kata Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengingatkan warga Jepang dalam pernyataan resminya.

Olimpik tokyo menjadi sebuah acara ditengah pandemi

Meski demikian, status tersebut, menurut Komite Olimpiade Indonesia tidak akan mengganggu persiapan, rencana keberangkatan, maupun aktivitas tim selama mengikuti olimpiade di Jepang. Saat ini, pemerintah Jepang menyatakan Indonesia naik dari kategori 2 menjadi kategori 1 sebagai negara dengan risiko tinggi infeksi Covid-19. Penetapan ini menyusul akibat lonjakan kasus Corona di tanah air dalam beberapa minggu terakhir yang terus mencetak rekor secara beruntun setiap harinya. Indonesia memberangkatkan 28 plus satu atlet untuk berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2020. Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengingatkan agar para atlet menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan tetap menjaga kesehatan agar dapat tampil prima dalam laga pertandingan nanti. Terlepas dari itu, seluruh penggemar olahraga dari penjuru dunia diharapkan dapat menikmati upacara pembukaan ini dari layar kaca.

Payne, yang menciptakan program sponsor world Olimpiade sekitar empat dekade lalu, memperkirakan pebisnis masih terkaget-kaget dengan minimnya profit dari Olimpiade yang sangat sulit ini. Sementara Direktur Pelaksana Tokyo Skytree, Akio Shinya, memutuskan untuk tetap berkomitmen sebagai sponsor resmi Olimpiade Tokyo. Namun, karena tanpa penonton, mereka terpaksa membatalkan berbagai acara, termasuk estafet obor di gedung pencakar langit yang semula dimaksudkan untuk menggairahkan suasana Olimpiade. “Karena Covid, ini bukan waktu yang tepat. Tidak ada mood Slot Game Online untuk mengadakan competition mewah seperti itu,” katanya. Panitia pelaksana Olimpiade Tokyo 2020 mengumumkan, bahwa atlet asing bisa diundang untuk berpartisipasi dalam ajang uji coba sebelum pelaksanaan sebenarnya. Acara tersebut berupa gladi bersih tentang cara mencegah penyebaran Covid-19.

Protokol ketat ini mesti dijalankan semua pihak mulai dari panitia, atlet, bahkan pertandingan akan tanpa penonton asing sama sekali. Selain itu, Bridgestone terus mendukung 70 atlet dari berbagai negara yang tergabung dalam Team Bridgestone. TOKYO – Layaknya tuan rumah acara olahraga besar, Jepang sebagai negara tuan rumah perhelatan Olimpiade ke-32 juga memberikan tempat tinggal sementara bagi para atlet untuk tinggal mulai 23 Juli – 8 Agustus 2021. Perkampungan atlet Olimpiade Tokyo 2020 berlokasi di Harumi, sebuah distrik di pulau Chuo, Tokyo. Jika sakoku sebelum Restorasi Meiji itu sangat berbau politik, maka kebijakan sekarang tentunya terpaksa karena pandemi.

Namun, Gubernur Tokyo Yuriko Koike akan meminta keadaan darurat pada pertemuan dengan Menteri Ekonomi Yasutoshi Nishimura yang dijadwalkan pada Sabtu sore. Meski sudah memasuki tahun 2021, pandemi corona masih juga belum menunjukkan tanda-tanda untuk reda. Namun, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga berjanji jika Olimpiade Tokyo yang tertunda akan dilanjutkan pada tahun ini.

Dalam banyak kasus, warisan abadi tuan rumah Olimpiade tidak lebih dari bangunan mangkrak yang ditumbuhi semak belukar. Begitu terpilih sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Arsjad Rasjid langsung mencanangkan gerakan “Perang Melawan Pandemi”. Bersama TNI dan Polri, ia mengajak para pengusaha merespons pandemi Covid-19 dengan sangat serius. Menurut Arsjad, Kadin Indonesia membantu pemerintah dalam vaksinasi dan penyediaan oksigen medis.

Masih di tanggal yang sama, tim refugee Olimpiade menunda keberangkatannya ke Jepang setelah satu ofisial tim mereka terkonfirmasi positif di Doha, Qatar. Di tanggal yang sama pula, tujuh staf lodge Hamamatsu, Tokyo tempat atlet Brasil menginap, dilaporkan positif COVID-19. Sementara 21 tim rugby Afrika Selatan menjalani isolasi setelah menyakini mereka kontak erat dengan salah satu kasus positif saat penerbangan. Sulistyana Arianti, misalnya, seorang warga negara Indonesia yang bermukim di Tokyo, mengaku banyak merasakan suka saat menjadi relawan. Arianti bertugas mengantar jemput tim media yang melakukan peliputan Olimpiade Tokyo 2020. Pembangunan fasilitas dan teknologi juga digencarkan, bahkan robot khusus juga disiapkan.

Lebih dari 60 perusahaan Jepang bersama-sama membayar rekor lebih dari AS$3 miliar untuk mensponsori Olimpiade. Itu belum termasuk kemitraan dengan Toyota, Bridgestone, dan Panasonic, serta Samsung yang bernilai ratusan juta dolar. Ajang uji coba akan digelar untuk lima kompetisi, termasuk atletik dan marathon, serta melibatkan atlet asing yang berpartisipasi, menurut penyelenggara. Olimpiade Tokyo 2020 merencanakan 18 acara uji coba sebelum Olimpiade dimulai pada 23 Juli mendatang.

Mantan atlet bulu tangkis nasional, Maria Kristin Yulianti, gemar membaca dan mengoleksi novel detektif. Sejumlah rumah sakit dan apotek di daerah mengalami kelangkaan obat Covid-19. Penyidik di berbagai kementerian dan lembaga negara kini berwenang menyidik kasus pencucian uang. Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan uji materi Pasal 74 Undang-Undang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dengan membatalkan tafsir hanya enam lembaga yang berhak memburu para pencuci uang.

Dilansir dari The Australian, survei membuktikan kalau eighty persen warga Jepang menentang diselenggarakannya Olimpiade yang diadakan pada 23 Juli mendatang itu. Tidak menutup kemungkinan bahwa para pemimpin dunia juga melarang atlet mereka untuk berangkat ke Tokyo. Lagu Very Nice dari SEVENTEEN berkumandang ketika tim voli Brazil dan Tunisia bertanding di Olimpiade Tokyo 2020. Meski begitu lagu ini terasa sangat cocok diputar di pertandingan voli. Pada 4 Juli 2021, salah seorang tim dayung Serbia dilaporkan positif saat tiba di Jepang, sementara empat anggota tim lainnya ikut menjalani isolasi lantaran kontak erat. [newline]Pada 14 Juli, seorang pemijat tim rugby putri Rusia juga dinyatakan positif, membuat seluruh tim harus menjalani isolasi selama dua hari. Di Olympic Village, tersedia pusat hiburan yang bisa digunakan siapa saja.